Tak Sekedar Gurih, Kacang Arab Baik Untuk Kesehatan

Avatar of PortalMadura.com
Tak Sekedar Gurih, Kacang Arab Baik Untuk Kesehatan
Ilustrasi (bola.com)

PortalMadura.Com sebenarnya bernama kacang atau . Kacang Arab termasuk dalam kelompok legume, sama seperti kacang tanah dan kacang merah. Kacang ini mengandung beragam nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, tetapi relatif rendah kalori.

Di balik rasanya yang gurih dan renyah, ada segudang manfaat kacang Arab yang bisa Anda peroleh. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Rabu (28/4/2021), berikut manfaat kacang arab untuk kesehatan:

Mengontrol Kadar Gula Darah

Kacang Arab memiliki indeks glikemik yang rendah, sehingga tidak akan menaikkan gula darah secara drastis. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari risiko menderita penyakit diabetes.

Mendukung Fungsi Sistem Pencernaan

Kacang Arab juga bermanfaat untuk mendukung fungsi pencernaan. Kandungan serat yang ada pada kacang Arab mampu meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik dan mencegah pertumbuhan bakteri jahat pada usus.

Mengurangi Risiko

Kacang arab mengandung serat, magnesium, dan kalium, nutrisi yang memiliki peran besar terhadap kesehatan jantung. Nutrisi tersebut mampu mencegah tekanan darah tinggi dan mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) dalam darah, dua faktor risiko utama terjadinya penyakit jantung.

Mencegah

Kacang Arab juga diduga dapat meningkatkan produksi butirat di dalam tubuh. Butirat adalah asam lemak yang berpotensi untuk mengurangi peradangan pada sel-sel di usus besar, sehingga mampu menurunkan risiko terjadinya kanker usus besar.

Mengontrol Berat Badan

Kalori kacang Arab relatif rendah, sehingga konsumsi kacang ini tidak akan menambah berat badan Anda secara signifikan. Selain itu, protein dan serat yang ada pada kacang Arab juga berperan dalam meningkatkan proses metabolisme dan mengurangi nafsu makan. Sehingga erat badan Anda akan lebih terkontrol.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.