IPTEK  

Tak Usah Panik Saat Browsing Muncul ‘Your Phone Has Virus’, Ini Tipsnya

Avatar of PortalMadura.Com
Tak Usah Panik Saat Browsing Muncul 'Your Phone Has Virus', Ini Tipsnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Mungkin Anda pernah mengalami saat asyik-asyik browsing, tiba-tiba muncul notifikasi peringatan. Notifikasi tersebut muncul dalam bentuk pop-up yang di dalamnya menyebutkan bahwa ponsel Anda memiliki banyak virus.

Kira-kira begini notifikasinya, “WARNING: Your phone has (13) Virus. The virus maybe dangerous. Please follow the instruction to remove the virus”.

Bila Anda mendapat notif seperti itu, yang harus dilakukan pertama kali adalah jangan panik. Pasalnya, notifikasi yang biasa disebut scareware tersebut merupakan iklan yang dibuat untuk menakut-nakuti pemilik smartphone.

Hal tersebut yang kemudian dimanfaatkan untuk melakukan apa yang mereka perintah, yaitu dengan mengklik link aplikasi yang diberikan dengan tujuan mengarahkan untuk membeli sesuatu, entah antivirus, aplikasi yang tidak berguna, sampai barang. Tidak jarang juga ada yang menyisipkan virus di dalam barang jualan mereka.

Tenang, tidak usah panik, selama kita tidak mengklik apapun, dan tidak melakukan apa yang diperintahkan, semua masih aman. Untuk selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut.

1. Jangan pencet OK

Bila Anda mengklik OK, maka sudah pasti Anda akan dipaksa untuk mendownload secara otomatis. Pencet saja home button agar browser tertutup.

2. Forcestop

Buka Pengaturan, kemudian pilih Manajemen Aplikasi. Klik browser apps, lalu pencet Forcestop

3. Clear cache

Buka Pengaturan, cari Manajemen Aplikasi, pilih web browser yang tadi dihampiri notifikasi scareware, klik tulisan Clear Cache untuk membersihkan jejak url dan notifikasi tersebut agar tak muncul kembali.(viva.co.id/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.