Tanamkan Jiwa Kebangsaan, Kodim Kediri Nobar Film Pangbes Sudirman

Avatar of PortalMadura.Com
Tanamkan Jiwa Kebangsaan, Kodim Kediri Nobar Film Pangbes Sudirman
Nobar Pangbes Sudirman di Kediri

PortalMadura.Com, 0809/Kediri, Jawa Timur menggelar nonton bareng film Jenderal Sudirman di Golden 21 Theater setempat, Senin (31/8/2015) malam.

“Tujuannya untuk memantapkan rasa, semangat dan jiwa kebangsaan,” kata Dandim 0809/Kediri Letkol Inf Purnomosidi, Selasa (1/9/2015).

Ia menjelaskan, inti sinopsis dari film Jendral Sudirman yang bernuansa Heroic dan Action itu, yakni gambaran gigihnya perjuangan pasca kemerdekaan bangsa Indonesia pada masa Agresi Militer Belanda I dan II.

Bagaimana panglima besar Jendral Sudirman memimpin Gerilya pada waktu itu, dalam menghadapi penjajah Belanda guna mempertahankan kemerdekaan RI.

Berbagai tantangan yang sangat menyulitkan para gerilyawan pimpinan Jendral Sudirman, dari terbatasnya peralatan tempur, logistik, tantangan medan, kesehatan Pak Dirman sendiri yang sedang kritis saat itu.

“Tekanan-tekanan psikologis pada prajuritnya, semua itu tidak pernah menyurutkan semangat Pak Dirman dalam memimpin gerilya demi melawan tentara Belanda dalam mempertahankan kemerdekaan RI,” urainya.

Strategi tempur yang handal, kerelaan untuk mengorbankan segenap jiwa raga dan harta benda yang dimilikinya, serta dukungan keluarga, benar-benar telah membuatnya menjadi sosok pahlawan yang sulit dicari duanya.

Apalagi, dia adalah sosok pahlawan yang sangat religius, meski di medan tempur, Pak Dirman ternyata selalu taat untuk beribadah diawal datangnya waktu-waktu Salat, dan kapanpun ia selalu menjaga wudhu, dan itulah nilai-nilai luhur yang patut ditauladani oleh generasi penerus bangsa dalam berjuang mengisi kemerdekaan.

Pada pemutaran film tersebut juga hadir, Kasdim Mayor Arh Triya Ruhyatna, para Pasidim Kediri, serta 69 anggota PEPABRI/PPAD/LVRI, 115 pelajar SLTA, 230 anggota FKPPI dan 46 angota Persit Kartika Chandra Kirana Cabang Kodim 0809, serta anggota Kodim 0809/Kediri.(rls/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.