Tanggulangi Banjir, Pembangunan Sheet Pile Kali Kemuning Capai Rp.95 M

Avatar of PortalMadura.com
Tanggulangi Banjir, Pembangunan Sheet Pile Kali Kemuning Capai Rp.95 M
Pembangunan Sheet Pile Kali Kemuning Sampang (Foto. Rafi @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, – Anggaran pengendali banjir melalui kegiatan (dinding turap) Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, mencapai Rp. 95 miliar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Sampang, Hj. Umi Hanik Laila menyampaikan, kegiatan sheet pile dilaksanakan secara multi years contract atau kontrak tahun jamak yang ditangani Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas Provinsi Jawa Timur.

Pihaknya mengaku, daerah mengajukan kegiatan pengendali banjir senilai Rp. 300 miliar. Namun, pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI hanya menyetujui Rp. 95 miliar.

“Anggaran kami ajukan pada tahun 2020. Kegiatan sheet pile untuk pengendali banjir ini, lanjutan dari beberapa tahun lalu, dan ditangani langsung oleh BBWS,” ujarnya, Kamis (18/2/2012).

Menurutnya, pekerjaan pembangunan sheet pile kali Kemuning tidak dapat tuntas pada tahun 2021. Kegiatan tersebut, fokus di beberapa titik lokasi tertentu yang dinilai mendesak dan rawan longsor.

“Pasti untuk lokasi yang berdekatan dengan permukiman warga, dan di titik tanah rawan longsor,” tandasnya.

Umi menyebutkan, kegiatan pengendali banjir di wilayah Sampang, bukan barupa sheet pile semua. Tetapi, ada pembangunan tanggul tanah dan bronjong bantaran sangai Kemuning.

“Volumenya, kami belum tahu. Biasanya ada survei lagi yang dilakukan tim konsultan dari BBWS Brantas,” ungkapnya.

Kali Kemuning Sampang, memiliki panjang 58,00 kilometer, dan luas Daerah Aliran Sungai (DAS) mencapai 350,30 kilometer persegi.

“Setiap tahun, ada pengajuan anggaran untuk kelanjutan kegiatan pembangunan pengendali banjir dilakukan,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.