oleh

Tank Medium Indonesia-Turki Siap diproduksi Massal

PortalMadura.Com, Ankara – Medium tank militer yang dikembangkan bersama-sama oleh perusahaan pertahanan Turki dan Indonesia siap memasuki tahap produksi massal.

Direktur Jenderal FNSS Savunma Sistemleri Turki (FNSS) Nail Kurt berkata dalam sebuah wawancara dengan Anadolu Agency pada Rabu bahwa tank KAPLAN MT telah lolos tes uji di Indonesia.

“Tank ini sukses dalam tes uji untuk melihat daya tahan dan kemampuan tembakannya, yang dilakukan selama nyaris tiga bulan,” ujar Kurt. dilaporkan Anadolu Agency, Kamis (6/9/2018).

Kurt menekankan bahwa tank seberat 30 sampai 35 ton ini dibangun dengan model yang disetujui oleh PT Pindad dari Indonesia, untuk memenuhi kebutuhan negara tersebut akan tank ukuran medium.

“Ada rencana untuk membuatnya menjadi proyek produksi, sekarang kami sudah berada dalam fase itu. Anggaran untuk lima tahun akan dibuat setelah 2019. Kebutuhan totalnya sekitar 200-400 unit, kita bicara tentang kuantitas yang sangat serius.”

Kurt juga mengungkap kedua negara akan menandatangani kontrak ekspor pada 2019, menambahkan kedua negara akan berkontribusi setara dalam proses manufaktur.

Loading...

Dia berkata “sejumlah kecil pemesanan” yakni sekitar 20-25 tank bisa saja dilakukan pada 2018.

Kurt berkata tank kelas medium memiliki keunggulan, seperti mudah digunakan dan memiliki biaya operasional rendah. Dia juga menambahkan mereka saat ini sedang dalam proses negosiasi dengan “tiga atau empat negara lain”.

Tank medium KAPLAN MT

Prototipe tank KAPLAN MT pertama kali dipamerkan pada International Defense Industry Fair ke-13 pada Mei lalu.

Tank ini dilengkapi dengan penarik CMI Cockrill 3105 yang dipasang untuk menembakkan peluru 150mm bertekanan tinggi sebagai kekuatan tembaknya.

Dimotori dengan mesin diesel, tank ini memiliki transmisi otomatis penuh dan bisa menampung tiga orang kru supir, penembak dan komandan.

Dengan kecepatan maksimal 70 kilometer per jam (43,4 mil per jam), jangkauan kendaraan ini 450 kilomenter (280 mil).

Perisai balistik melindungi badan tank dan bisa ditambah satu lapis baja tambahan. Selain itu, bagian bawah tank juga tahan ledakan ranjau.

KAPLAN MT juga dilengkapi dengan senjata tambahan berupa senapan mesin koaksial 7,62mm. (AA)



whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar