oleh

Tanpa Disadari, Ini Dia 5 Tanda Anda Kurang Makan

PortalMadura.Com – Pada hakikatnya manusia tidak bisa hidup tanpa mengonsumsi makanan atau minuman. Karena, makanan menjadi sumber kehidupan manusia. Dengan makanan, seseorang akan memiliki energi untuk beraktivitas.

Tidak hanya itu, makanan juga berfungsi untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Tentunya makanan itu yang sehat atau yang mempunyai gizi baik bagi tubuh. Karena jika tidak, Anda akan mengalami beberapa masalah kesehatan. Misalnya, anemia, kelelahan kronis, ketidaksuburan dan beberapa masalah yang melemahkan tubuh Anda.

Nah, sudah tahukah Anda tanda seseorang kekurangan makanan?. Ternyata tidak hanya orang kurus yang ditandai kurang makan, ada beberapa tanda lain. Apakah itu?. Berikut lima tanda yang menunjukkan Anda kekurangan makan bergizi:

Kondisi Kulit Tidak Sehat
Salah satu pertanda Anda tidak mengonsumsi cukup makanan bergizi adalah kesehatan kulit yang buruk. Jumlah nutrisi yang rendah menandakan bahwa Anda tidak mendapatkan vitamin yang dibutuhkan kulit Anda untuk berkembang. Vitamin E adalah salah satu nutrisi penting yang tidak dapat Anda lewatkan. Vitamin menjaga kulit Anda tetap cerah dan berseri.

Kelelahan
Ketika tubuh Anda tidak mendapatkan kalori yang dibutuhkan untuk menjalankan aktivitas sehari-hari, Anda dipastikan merasa lelah. Anda tidak hanya merasa lelah secara fisik, tetapi juga secara mental. Tidak memiliki kalori yang cukup akan mempengaruhi kinerja Anda di tempat kerja, sekolah atau dalam kegiatan latihan.

Sakit-sakitan
Tidak mengonsumsi cukup kalori akan membuat tubuh Anda menjadi sakit. Tidak makan berarti Anda tidak akan mendapatkan cukup nutrisi dan vitamin untuk melawan penyakit. Jadi, jika Anda sering sakit, itu mungkin karena tidak cukup makan.

Gangguan Kesuburan dan Reproduksi
Tubuh mengambil kalori dari makanan yang Anda konsumsi dan mengangkutnya ke organ-organ vital. Tubuh akan memilih organ-organ ini ketimbang organ lain dari tubuh. Karena itu, kekurangan kalori menyebabkan masalah ketidaksuburan dan reproduksi. Masalah bisa terjadi pada pria dan wanita.

Sembelit
Tidak memliki kalori yang cukup dan vitamin yang memadai, akan menyebabkan konstipasi. Kotoran Anda bisa lebih keras dari biasanya dan gerakan usus bisa terasa sakit ketika hal itu terjadi.

Tubuh tidak akan memiliki jumlah makanan yang tepat untuk diubah menjadi tinja. Karena itu, gerakan usus tidak akan terjadi. Anda mungkin akan mengalami kurang dari tiga kali buang air besar dalam seminggu. (okezone.com/Putri)