Tanpa Orang tua Sadari, Ternyata 5 Hal Ini Bisa Bikin Anak Manja dan Egois!

Avatar of PortalMadura.Com
Tanpa Orang tua Sadari, Ternyata 5 Hal Ini Bisa Bikin Anak Manja dan Egois!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tua pasti ingin membuat anak mereka bahagia. Namun cara membahagiakan anak sebenarnya tidak sama dengan memanjakan anak.

Terkadang para orang tua tidak sadar bahwa mereka telah melakukan hal-hal yang dapat membuat anak mereka akhirnya tumbuh menjadi pribadi yang manja dan egois. Beberapa hal di bawah ini misalnya:

Memanjakan anak dalam makanan
Orang tua tentu senang melihat anak mereka makan banyak dan akan melakukan apapun untuk memberikan anak makanan yang mereka sukai. Namun ini bukan berarti orang tua harus menuruti setiap keinginan anak soal makanan.

Ada kalanya anak juga harus dipaksa makan makanan yang sehat, makan sayur yang tak mereka sukai. Anak juga harus belajar menghargai makanan yang sudah dimasak oleh ibu, meski itu tak memenuhi selera mereka. Terus menuruti keinginan makan anak hanya akan membuat mereka semakin manja dan bersikap layaknya ratu atau raja.

Membelikan anak hadiah tanpa ada hal khusus
Membelikan anak sebuah hadiah memang tidak harus menunggu ada moment khusus. Hanya saja  jangan menjadikan hal ini sebagai kebiasaan. Apalagi jika anak selalu saja meminta hal-hal yang dapat menarik perhatiannya. Justru hal seperti ini yang dapat membentuk anak Anda jadi pribadi yang egois.

Tidak pernah menyalahkan anak
Anak juga bisa saja melakukan kesalahan. Saat ini terjadi, jangan pernah ragu untuk memberitahukan bahwa mereka bersalah. Supaya buah hati Anda mengerti bahwa apa yang anak lakukan adalah tidak baik dan mereka tidak boleh mengulanginya lagi.

Namun jangan lakukan ini dengan membentak ataupun melakukan hal kasar lainnya pada anak. Anak yang terus dilindungi oleh orangtuanya dan tidak pernah tahu bahwa mereka bersikap salah akan mengakibatkan mereka tumbuh menjadi sosok yang selalu merasa paling benar dan juga egois.

Jangan menyuap anak
Meminta anak untuk melakukan sesuatu dengan sebuah iming-iming sama saja dengan mengajarkan anak sebuah kebiasaan buruk. Setiap kali anak akan mengerjakan suatu hal, mereka nantinya akan berharap mendapat sebuah imbalan.

Selain itu, anak juga tidak akan belajar menolong orang lain ataupun mengerjakan sesuatu untuk orang lain. Jangan merasa kaget apabila suatu hari pada saat Anda memintanya untuk melakukan sesuatu, buah hati Anda akan bertanya ‘Lalu, aku akan dapat imbalan apa?'

Itulah beberapa hal yang dilakukan orang tua yang tanpa sadar telah membuat anak tumbuh dengan mental manja dan egois.(merdeka.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.