Tekanan Darah Anda Melemah? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini

Avatar of PortalMadura.com
Tekanan Darah Anda Melemah? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tentu menginginkan tekanan darahnya normal. Pasalnya, jika mengalami melemah, maka hampir semua anggota tubuh tidak mendapatkan suplai darah dengan baik. Bahkan, biasanya akan merasa pusing, lemah, letih lesu, dan tidak bersemangat.

Selain itu, tekanan darah yang melemah juga mengakibatkan tubuh terasa dingin hingga ke ujung jari kaki, terjadi gangguan ginjal, varises, dan penyakit lainnya.

Berikut lima langkah yang bisa dilakukan saat tekanan darah Anda melemah:

Konsumsi Makanan Pedas
Konsumsi makanan pedas seperti cabai bisa melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh. Lancarnya aliran darah akan memperbaiki sistem kardiovaskular.

Jangan Menggunakan Pakaian Ketat
Para ahli kesehatan menyarankan agar Anda tidak mengenakan pakaian ketat dalam jangka waktu lama. Sebab, pakaian ini bisa menghambat sirkulasi darah dan memudahkan terjadinya varises. Segera lepas baju Anda yang terlalu ketat ketika Anda merasa bahwa tekanan darah Anda melemah.

Konsumsi Makanan Tinggi Asam Folat
Asam folat sangat membantu dalam pembentukan sel darah merah dan mencegah anemia. Kurang mengonsumsi makanan jenis ini bisa menyebabkan penggumpalan darah dan lemahnya aliran darah. Beberapa contoh makanan tinggi asam adalah sayuran berdaun hijau gelap, brokoli, atau avokad.

Naikkan Kaki
Naikkan atau angkat kaki sambil tiduran saat Anda merasa bahwa tekanan darah Anda melemah. Tindakan ini bisa mengurangi memperbaiki sirkulasi darah dalam tubuh.

Pijat
Pijat juga menjadi cara yang baik untuk meningkatkan sirkulasi darah karena bisa merangsang aliran darah di jaringan lunak. Penelitian menunjukkan bahwa pijat memberi manfaat positif pada fungsi vaskular perifer tubuh Anda. (merdeka.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.