Tenaga Pendamping TKI Pamekasan Akan Diaktifkan Lagi

Avatar of PortalMadura.com
Tenaga Pendamping TKI Pamekasan Akan Diaktifkan Lagi
Kepala Disnakertrans Pamekasan, Arif Handayani.

PortalMadura.Com, – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, akan merekrut kembali pendamping Tenaga Kerja Indonesia () setelah sebelumnya memecat 14 pendamping lantaran kinerjanya tidak maksimal.

Kepala , Arif Handayani mengungkapkan, pihaknya akan merekrut 14 tenaga pendamping kembali untuk Tahun 2019. Tetapi, prosesnya akan diperketat ketimbang sebelumnya agar hasilnya tidak mengecewakan lagi.

“Kami akan rekrut kembali tenaga pendamping, tetapi yang pasti lebih selektif. Karena Tahun sebelumnya kerjanya mengecewakan, ” katanya, Jumat (8/2/2019).

Menurutnya, tugas seorang pendamping sebenarnya tidak berat, mereka hanya berkewajiban memberikan pendampingan kepada Masyarakat yang ingin menjadi TKI resmi sekaligus memberikan penyadaran akan pentingnya menjadi TKI legal dari pada TKI ilegal.

“Tugasnya minimal mendatangi Masyarakat yang ingin menjadi TKI, dan memberikan penjelasan teknis bekerja di luar Negeri. Hasil kerjanya dilaporkan kepada kami, ” tandasnya.

Arif melanjutkan, tidak ada kewajiban bagi pendamping mendapatkan calon TKI. Karena yang terpenting dalam program ini adalah memberikan penyadaran kepada Masyarakat akan pentingnya menjadi TKI legal guna menekan maraknya TKI ilegal.

“Kalau TKI legal itu, kalau ada persoalan di kemudian hari Negara yang akan pasang badan. Sekarang perkembangannya cukup signifikan, per Januari ini sudah 8 calon TKI yang akan berangkat melalui jalur resmi, ” pungkasnya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.