Terapkan Program Blue Ekonomi, Pemkab Sumenep Bangun Kerjasama Dengan Perancis

  • Bagikan

PERANCIS (Portal Madura) – Pemerintah Provinsi Jawa Timur dan Pemerintah Kabupaten Sumenep melakukan field Visit ke Brest Metropole dan Provinsi Nord De Calais di Perancis. Hal ini dimaksudkan dalam rangka menindaklanjuti kerjasama pengembangan program Blue ekonomi di Kabupaten Sumenep.

Penjajakan kerjasama tersebut dilakukan mulai tanggal 14 sampai dengan tanggal 23 Oktober 2013. Pada hari pertama, rombongan di terima oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Perancis yang bertepatan sedang merayakan Hari Raya Idul Adha.

Duta Besar Republik Indonesia di Perancis, yang di wakili oleh Wakil Duta Besar RI di Perancis, Ashari Riadi, sangat mendukung pengembangan kerjasama program Blue Ekonomi yang akan dilaksanakan di Provinsi Jawa Timur Khususnya di Kabupaten Sumenep.

“Kedepan memang program Blue Ekonomi akan menjadi salah satu solusi untuk dapat mejawab permasalahan Sosial di masyarakat” ungkapnya pada saat memberikan kata sambutan waktu menerima rombongan.

Program Blue ekonomi, kata dia, menekankan kepada Raising Revenew Community (peningkatan pendapatan masyarakat), Zero Waste (tidak ada limbah yang terbuang) dan Empowering (Pemberdayaan ).

“Kita akan dukung dalam setiap adanya terobosan dalam peningkatan pembangunan ekonomi di Indonesia, khususnya Pemerintah Provinsi Jawa Timur yang sangat anggresif dalam memacu pertumbuhan ekonomi,” tambahnya.

Sementara, Bupati Sumenep A Busyro Karim, berharap agar program kerjasama ini mampu memberikan kontribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, terutama diwilayah kepulauan Sumenep. Sebab, kerjasama atau pilot proyeknya akan dilaksanakan di Kecamatan Sapeken.

“Kalau Program ini berhasil akan mengurangi tingkat disparitas antara wilayah daratan dan kepulauan yang sementara ini menjadi isu Kabupaten Sumenep” tandasnya.(hms/htn).

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.