oleh

Terapkan Protokol Kesehatan, Bandara Trunojoyo Kembali Layani Penerbangan

PortalMadura.Com, Sumenep – Bandar Udara Trunojoyo, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dibuka kembali sejak hari ini, Rabu (10/6/2020).

Pihak manajemen memperketat penerapan protokol kesehatan Covid-19 bagi warga yang hendak memanfaatkan transportasi jalur udara.

“Syaratnya mematuhi protokol kesehatan,” terang Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono.

Ia menjelaskan, bagi warga yang akan melakukan penerbangan, selain pakai masker dan cuci tangan harus menyertakan surat keterangan sehat dari puskesmas setempat.

“Ini bagi penumpang tujuan Sumenep-Pagerungan dan Sumenep-Surabaya,” katanya.

Hal itu berbeda dengan warga yang hendak melakukan penerbangan dengan tujuan Sumenep-Bawean yang diwajibkan menyertakan hasil rapid test.

“Di pulau Bawean itu tidak ada alat rapid test“, ujarnya.

Penerapan protokol kesehatan Covid-19 juga diberlakukan bagi semua pesawat yang melayani penerbangan di Bandara Trunojoyo, Sumenep.

Bagi pesawat perintis dengan seat 12, saat ini hanya melayani atau membawa 6 orang penumpang. Hal yang sama bagi pesawat Wings Air tujuan Sumenep-Surabaya, minimal 25 penumpang.

Pembukaan kembali layanan penerbangan di Bandara Trinojoyo Sumenep, berpedoman pada Permenhub Nomor 41 Tahun 2020 Tentang Perubahan atas Permenhub Nomor 18 Tahun 2020 tentang Pengendalian Transportasi dalam rangka Pencegahan Penyebaran Covid-19 yang ditetapkan oleh Menteri Perhubungan pada tanggal 8 Juni 2020.

“Pada hari pertama dibuka, ada 15 penumpang tujuan Pagerungan,” pungkasnya.(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Lisa Mana L
Tirto.ID
Loading...

Komentar