Terinspirasi Kartini, Ini Kebangkitan Ibu-Ibu Kampung di Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Ibu-Ibu Desa Juruan Laok
Ibu-Ibu Desa Juruan Laok

PortalMadura.Com, – Perjuangan Kartini menjadi panutan banyak perempuan di negeri ini. Salah satunya, ibu-ibu kampung di Desa , Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur

Mereka berusaha mengenang Kartini dengan melaksanakan meski tidak dilakukan bertepatan dengan tanggal 21 April. Upacara bendera dilaksanakan tanggal 22 April 2016.

Bukan tanpa alasan kenapa harus dilaksanakan satu hari setelah tanggal 21 yang sudah ditetapkan menjadi .

“Kami ingin memberi kesempatan pada bapak-bapak di kecamatan agar ikut bergabung dengan kami di kampung. Kalau bertepatan dengan tanggal 21 April takut melaksanakan hal serupa di kecamatan atau di tingkat kabupaten,” terang istri Kepala Desa Juruan Laok, Rowiyatuddiniyah pada PortalMadura.Com, Sabtu (23/4/2016).

Para peserta upacara yang biasanya dilakukan oleh pelajar, mahasiswa atau pejabat tentu tidak sulit dalam mengaturnya. Namun, berbeda dengan ibu-ibu yang setiap harinya hanya berkelut dengan aktivitas pertanian dan usaha lainnya di pelosok desa.

Mereka butuh latihan dan ketelatenan membimbing untuk memahami jalannya upacara bendera. Apalagi, ibu-ibu yang bertugas pada saat upacara. Latihan pun dilakukan pada siang dan malam hari.

“Hasilnya, Alhamdulillah, mereka mampu bertugas dengan baik. Misalnya, pengibar merah putih, dan komandan upacara serta yang lainnya,” ucapnya dengan nada bangga.

Bahkan, lapangan upacara yang sempat diguyur hujan menjadi becek tak menyurutkan semangat peserta upacara. “Jadi, semangat ibu Kartini dalam mengangkat derajat wanita menjadi inspirasi bagi ibu-ibu di kampung kami,” ungkap Rowiyatuddiniyah yang akrab disapa Rara.

Para petugas upacara mengenakan baju hitam dan bawahan bahan batik. Para peserta juga mengenakan baju kebaya. Dan didaulat sebagai inspektur upacara (Irup), adalah Ketua PKK Kecamatan Batuputih, Asri Purwo (istri camat Batuputih).

Selama latihan, ibu-ibu juga mendapat materi upacara dari petugas babinsa koramil setempat. (baca : Hari Kartini, Ibu-Ibu Kampung di Sumenep Gelar Upacara)

Yang Pertama Ibu-Ibu Kampung Laksanakan Upacara Bendera Hari Kartini

Camat Batuputih, Purwo Edi Prawito mengapresiasi pelaksanaan upacara bendera dalam rangka memperingati hari Kartini. Bahkan, sepanjang ia bertugas di Sumenep selama 16 tahun baru kali ini ada ibu-ibu yang melaksanakan upacara bendera pada hari Kartini.

“Ini yang pertama kali, ibu-ibu melaksanakan upacara bendera pada hari Kartini. Bahkan, pada tahun 2016 ini, tidak ada instruksi khusus untuk melaksanakan upacara bendera. Namun, ibu-ibu di desa ini (Juruan Laok, red) melaksanakan sendiri tanpa harus dikomando,” katanya.

Ia pun berharap agar kegiatan yang sifatnya positif terus dilakukan demi kemajuan desanya sendiri. “Ini kan berangkat dari kesadaran ibu-ibu itu sendiri. Jadi, sangat luar biasa,” ujarnya.
(Hartono)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.