Terlibat Skandal Pelecehan Seksual, Kepala Komite Olimpiade AS Mundur

Avatar of PortalMadura.Com
Terlibat Skandal Pelecehan Seksual, Kepala Komite Olimpiade AS Mundur
Scott Blackmun (AP)

PortalMadura.Com, (USOC) dengan alasan kesehatan. Kabar yang beredar pada Rabu, menyusul kritikan yang dituainya terkait skandal pelecehan seksual yang melibatkan staf-stafnya.

“Dengan kondisi kesehatan Scott saat ini, kami sepakat langkah terbaik bagi Scott dan USOC adalah agar kami memiliki pemimpin baru yang bisa langsung terjun mengurus inisiatif-inisiatif yang kami rencanakan,” kata Ketua Dewan Larry Probst dalam pernyataannya, dilansir Anadolu, Kamis (1/3/2018).

“USOC berada dalam masa-masa kritis. Pekerjaan yang dilakukan Scott harus terus berjalan dan membutuhkan perhatian khusus setelah terungkap kasus pelecehan yang sudah lama dilakukan oleh Larry Nassar dari tim senam AS,” jelasnya.

Nassar, 54 tahun, sebelumnya adalah dokter untuk Tim Senam AS dan Universitas Michigan State. Desember lalu, dia mengaku melakukan pelecehan terhadap lusinan atlet-atlet perempuan muda.

Dia juga menghadapi tuntutan dari lebih dari 125 perempuan atas tuduhan pelecehan, termasuk pemenang emas OlimpIiade Gabby Douglas, Aly Raisman dan McKayla Maroney.

Nassar divonis bersalah atas tujuh tuntutan pelecehan seksual dan menerima hukuman 175 tahun penjara.

Tuduhan terhadap Nassar itu awalnya muncul pada sekitar tahun 1990an, namaun Federasi Senam AS baru memecatnya pada 2015.

Blackmun menuai kecaman dan kritikan karena publik menilai dirinya tidak cepat bertindak dalam kasus itu, namun anggota dewan USOC membelanya dan menghimbau agar dia tidak mundur.

“Melayani USOC dan para pemangku kebijakan serta bekerja bersama anggota dewan, staf kami dan semua pihak yang mendukung tim Olimpiade dan Paralimpiade bukan hanya menjadi pengalaman berharga, namun juga menjadi kehormatan khusus dalam riwayat pekerjaan saya,” kata Blackmun setelah mengundurkan diri.(AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.