oleh

Ternyata 5 Fakta inilah yang Membuat Orang Sangat Takut pada Kegagalan

Portalmadura.com – Kegagalan adalah fase dimana kenyataan tidak sama dengan apa yang diharapkan, saat seseorang memimpikan sesuatu dengan antusias yang penuh namun tidak kesampaian, maka akan sangat memengaruhi keadaan batin orang tersebut, seakan-akan dunia tak berpihak pada dirinya. Tak jarang ditemui banyak tindakan konyol dilakukan oleh yang demikian.

Sejatinya kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda, dengan gagal kita dapat meraih pelajaran untuk mempersiapkan diri untuk kehidupan di masa depan agar kegagalan yang terjadi hari ini tidak terulang lagi di kemudian hari. Namun tak banyak orang yang mampu memahami hal tersebut, masih banyak sekali orang yang sangat takut untuk gagal. Dilansir dari Fimela.com, Kamis (24/6/2021) ternyata inilah 5 fakta yang membuat orang sangat takut pada kegagalan :

Kebiasaan Masa Kecil

Fakta yang paling utama mengapa seseorang sangat takut terhadap pada kegagalan adalah karena pengalaman di masa kecil. Dimana saat mereka masih anak-anak dan melakukan kesalahan maka mereka akan dihukum atau dimarahi, sadar atau tidak yang demikian akan terekeam dalam ingatan anak tersebut sampai dewasa dan membentu karekter yang takut salah.

Selalu Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Menjadikan orang lain sebagai patokan akan membuat kita tidak percaya diri dan semakin takut untuk melakukan sesuatu. Hal ini akan semakin parah jika yang dijadikan patokan adalah orang yang lebih berpengalaman dari kita.

Memiliki Sifat Perpeksionis

Orang yang memiliki sifat perpefskionis biasanya ingin segala sesuatu berjalan dengan sempurna sesuai yang diimpikan. Bahkan mereka cenderung memiliki standar yang tinggi pada hasil yang ditetapkan. sifat ini sangat baik untuk memotivasi diri, namun apabila berlebihan, justru akan bahaya dan membuat seseorang menjadi selalu merasa cemas dan stress saat mendapat kegagalan.

Terlalu Ambisius

Orang-orang yang sangat ambisius biasanya adalah seorang pekerja keras, mereka akan pantang menyerah sebelum berhasil mendapatkan apa yang diinginkan. Biasanya orang yang demikan akan selalu memaksakan diri untuk berhasil dan bekerja semaksimal mungkin untuk menghindari kegagalan.

Menganggap Kegagalan Adalah Hal yang Buruk

Sugesti yang seperti inilah yang akan membuat seseorang semakin takut terhadap kegagalan, padahal sebenarnya kegagalan itu bukanlah akhir, melainkan awal untuk kesuksesan yang lain.

Semua orang pasti pernah gagal, hampir tak ada keberhasilan yang langsung diraih tanpa jatuh bangun terlebih dahulu. Maka jangan takut untuk gagal, sebab dengan gagal, Anda berkesempatan untuk memcapai kesuksesan Anda yang lain dan lebih berarti. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Fimela.com

Komentar