oleh

Anda Harus Tahu, inilah 4 Pondok Pesantren Terbaik di Jawa Timur

PortalMadura.com – Memiliki anak yang saleh dan salehah tentunya menjadi dambaan setiap orang tua muslim. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut, salah satunya dengan memasukkan sang buah hati ke pondok pesantren yang memiliki identitas baik dan sudah banyak mencetak alumni-alumni yang paham agama.

Jawa Timur merupakan daerah yang memiliki banyak sekali pondok pesantren besar yang sangat terkenal se Nusantara, santrinyapun tidak tanggung-tanggung, tidak hanya berasal dari dalam negeri, tapi juga dari luar negeri. Dilansir dari Panduanterbaik.id dan beberapa sumber lain, Kamis (24/6/2021) inilah 4 pondok pesantren modern terbaik di Jawa Timur :

Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo

Pondok Modern Gontor sudah begitu familiar di kalangan masyarakat. Berlokasi di desa Gontor sebagai pondok pusat. Kini, Gontor sudah memiliki puluhan cabang di beberapa provinsi di Indonesia. Pondok yang kini berusia hamper 100 tahun ini sudah melahirkan barbagai alumnus yang mengisi bidang bidang penting di negeri ini. Seperti Alm. KH. Hasyim Muzadi, KH. Prof. Din Syamsudin, Hidayat Nurwahid dan sekian banyak petinggi Negara lainnya adalah alumnus pondok modern Gontor.

Pondok Pesantren Modern Hidayatullah Surabaya

Pondok Pesantren Modern Hidayatullah SurabayaBerdiri tahun 1986 di timur kota Surabaya. Lebih dekat dengan kampus ITS Surabaya. Dirintis oleh mahasiswa ITS, Unair dan Unesa. Pondok pesantren yang terbilang baru ini, saat ini sudah memiliki 2000 lebih santri. Untuk pembelajaran hafalan Al quran langsung diampu oleh syeikh dari Yaman untuk mengkualitaskan standart bacaan dan hafalannya.

Pesantren Al Amin Sumenep

Pondok Pesantren Al Amin Sumenep ini adsalah pondok kunci di Madura di antara beberapa pondok kunci lain yang sangat besar. Pondok ini hampir mirip dengan pondok pesantren Gontor yang memiliki sistem sendiri. Pondok ini identik sekali dengan Pulau Madura.

Pondok Pesantren Putri Modern Darul Madinah Madiun

Pondok modern putri ini berada dibawah naungan ormas Hidayatullah. Tapi penulis perhatikan perkembangannya cukup pesat. Pondok modern putri yang berada di Madiun Jawa Timur ini fokus ke hafalan Quran.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Panduanterbaik.id

Komentar