Ternyata Anak Jepang Paling Sehat Sedunia, Ini Pembahasannya

Avatar of PortalMadura.Com
anak di jepang
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebuah penelitian yang dipublikasikan di The Lancet mengenai kesehatan anak di seluruh dunia, diketahui bahwa anak-anak di Jepang termasuk yang paling sehat di dunia.

Melihat kualitas kesehatan fisik di atas rata-rata, tidak menutup kemungkinan anak-anak di Jepang memiliki umur yang panjang.

Rupanya hal tersebut berkaitan erat dengan kebiasaan makan sehari-hari mereka. Rumput laut, tahu, ikan, nasi berkualitas kaya gizi merupakan santapan sehari-hari warga Jepang.

Dikutip dari Japan Insides, keluarga di Jepang terbiasa mengonsumsi makanan rumahan yang dimasak dengan sepenuh hati serta diperhatikan betul kandungan nutrisinya. Untuk makanan pokoknya, anak-anak Jepang selalu makan beras khas Jepang yang warnanya kecokelatan.

Beras ini sangat kaya air dan mengembang saat dimasak. Kandungan nutrisinya sangat tinggi dan memenuhi kebutuhan kalori lebih optimal.

Menu sayuran pun langsung diolah dan menggunakan teknik khusus. Hal ini membuat sajian sayuran masih memiliki nutrisi yang tinggi saat dikonsumsi.

Tak hanya itu, anak-anak di Jepang terbiasa makan dengan fokus. Di sekolah dasar, anak-anak makan bersama. Mereka menyiapkan area makan sendiri di kelas layaknya sebuah ruang makan raksasa.

Kebiasaan ini membuat anak-anak menikmati tiap suapan dan makan dengan kesadaran tinggi. Cara ini membuat mereka kenyang lebih lama dan merasa puas dengan apa yang dimakannya.

“Bangun kebiasaan fokus dan rileks saat makan. Hal ini membuat anak makan dengan nyaman. Tunjukkan pada anak kalau makan adalah hal menyenangkan dan rasa makanan yang disajikan begitu lezat,” ujar Tomomi Takahashi dari Kaji Sakura Nursery School di Hokkaido.

Hal yang tak kalah penting adalah selalu sediakan waktu untuk makan bersama. Duduk bersama di meja makan dan menikmati serta bersyukur atas sajian yang ada. Bukan hanya membuat anak lebih sehat secara fisik tapi juga psikis.

Itulah alasan mengapa anak-anak di jepang adalah anak-anak yang paling sehat didunia. Kebiasaan yang sederhana dan harus kita tiru sebagai warga negara Indonesia agar anak-anak kita menjadi anak yang sehat baik secara fisik dan psikis. Semoga bermanfaat .(liputan6.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.