Ternyata, Mengkonsumsi Rebung Membawa 10 Manfaat Kesehatan

Avatar of PortalMadura.Com
Ternyata, Mengkonsumsi Rebung Membawa 10 Manfaat Kesehatan
Ist.Net

PortalMadura.Com – Rebung atau bambu muda merupakan salah satu makanan yang dikonsumsi di negara Asia. Rebung bisa disajikan dalam bentuk sayur dan juga bisa dibuat untuk isian lumpia.

Tekstur dan aromanya yang unik, nyatanya tidak semua orang menyukai makanan ini. Padahal rebung menyimpan banyak sekali bagi tubuh Anda.

Berikut ini 10 manfaat rebung bagi kesehatan tubuh Anda.

Menurunkan Berat Badan
Rebung memiliki jumlah kalori, karbohidrat, dan kandungan gula yang rendah sehingga cocok bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Selain itu rebung juga kaya akan serat sehingga dapat membuat Anda cepat kenyang ketika mengonsumsinya.

Menjaga Kesehatan Jantung
Penelitian membuktikan zat pitosterol dan fitonutrien yang ada pada rebung terbukti ideal untuk mengurangi kolesterol jahat pada tubuh. Manfaat ini memberikan efek positif melancarkan peredaran darah ke seluruh tubuh.

Mencegah Kanker
Penelitian menunjukan rebung memliki zat seperti flavon, amilase, dan klorofil. Kolorofil merupakan zat yang berguna untuk mengendalikan dan mencegah kanker.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Rebung kaya akan vitamin seperti vitamin B6, vitamin E, vitamin A, niasin, riboflavin, thiamine, dan asam folat. Rebung juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, seng, natrium, fosfor, kalium, tembaga, mangan, dan zat besi.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam rebung sangat cocok untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang.

Menyembuhkan Gangguan Pernapasan
Rebung mengandung sumber protein yang baik dan asam amino. Sehingga rebung bermanfaat untuk menyembuhkan masalah pernapasan seperti hidung tersumbat, batuk, dan pilek.

Penawar Racun
Dalam ilmu pengobatan Indian kuno, rebung diyakini memiliki zat anti-bisa. Rebung sering digunakan untuk mengobati orang yang terkena gigitan ular atau sengatan kalajengking.

Meredakan Sakit Perut
Rebung memiliki kemampuan untuk mengobati sakit perut. Selain rebung, daun bambu juga dapat digunakan sebagai obat cacingan dan sakit perut.

Menurunkan kolesterol
Jumlah total kandungan gula dalam rebung adalah 2,5 gram setiap 100 gram porsinya. Sementara kandungan lemak jenuh dan tak jenuhnya adalah 0,49 gram. Kedua hal ini menjadikan rebung sebagai makanan yang mampu mengurangi kadar kolesterol darah, lipid, dan menyehatkan jantung.

Menurunkan Tekanan Darah
Rebung memiliki jumlah kalium yang banyak. Kalium sangat berguna sebagai elektrolit dan juga sangat baik menurunkan dan menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

Menyembuhkan bisul dan luka
Menurut penelitian kesehatan terbaru, rebung memiliki sifat anti-inflamasi dan analgesik di dalamnya yang membantu mempercepat proses penyembuhan luka dan bisu.
(merdeka/solo/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.