oleh

Terong, Si Ungu Dengan Segudang Manfaat Bagi Kesehatan

PortalMadura.Com – Anda pasti sudah tak asing lagi dengan terong ungu, bukan? Terong yang dapat diolah menjadi beragam masakan ini ternyata mengandung segudang manfaat yang sangat luar biasa bagi kesehatan.

Kandungan yang terdapat dalam terong, diantaranya seperti nutrisi, niacin, riboflavin, tianin, folat, nasunin, serta vitamin E dan K. Bukan hanya kandungan nutrisi yang beragam, terong juga memiliki kandungan serat yang memiliki peranan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan.

Lantas apa saja manfaat yang dimiliki oleh terong untuk kesehatan? Berikut ulasannya:

Menjaga Fungsi Otak

Terong sendiri memiliki kandungan fitonutrien yang mampu menjaga sejumlah membran sel serta mampu melindunginya dari segala bentuk kerusakan. Bukan hanya itu, kandungan fitonutrien ini juga mampu membantu kondisi tubuh dalam memfasilitasi transfer pesan dari satu bagian otak ke bagian otak yang lainnya, dan jelas hal ini mampu membantu kondisi tubuh melestarikan fungsi dari memori itu sendiri.

Menyehatkan Jantung

Terong dapat menurunkan tingkat kolesterol dan juga membantu menstabilkan tingkat tekanan darah. Hal ini pada gilirannya akan menurunkan risiko penyakit jantung. Tubuh juga terus terhidrasi dengan baik berkat kandungan kalium dalam sayuran ini. Hal ini memastikan bahwa tidak ada retensi cairan yang mencegah penyakit jantung koroner.

Menurunkan Berat Badan

Terong dianggap mengandung kadar air yang tinggi namun rendah kalori. Hal ini membuat terong sangat ideal sebagai makanan sehat bagi orang-orang yang ingin mengurangi berat badan. Tekstur sayuran yang kenyal adalah karakteristik seperti ini adalah salah satu makanan harus dimakan dalam bentuk mentah sebanyak mungkin.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Terong adalah sumber yang sangat kaya serat dan karbohidrat larut yang rendah. Jadi terong sangat bermanfaat untuk mengatur kadar gula darah dan mengontrol penyerapan glukosa. Terong merupakan pilihan makanan terbaik bagi orang yang menderita diabetes tipe 2.

Mencegah Diabetes

Nah masih terkait dengan kemampuan terong dalam mengontrol gula darah, ia sangat aktif untuk berperan mencegah diabetes yang dapat menyerang tubuh manusia.

Mencegah Diabetes

Nah masih terkait dengan kemampuan terong dalam mengontrol gula darah, ia sangat aktif untuk berperan mencegah diabetes yang dapat menyerang tubuh manusia.

Membantu Mengobati Kanker

Terong mengandung kaya akan serat dalam jumlah yang tinggi yang dimana sangat bermanfaat dalam mengobati kanker usus besar. Ini semua di karenakan terong berfungsi dalam penyerapan bahan – bahan kimia dan racun yang merupakan penyebab dari terjadinya perkembangan kanker usus besar.

Selain itu, Serat pada buah dan terutama kulit terong juga sangat bermanfaat untuk menjaga kulit dan rambut tetap sehat, serta dapat mengobati kanker usus besar. (manfaat.co.id/choir)


Tirto.ID
Loading...

Komentar