Terra Drone Indonesia Menyelenggarakan Webinar “Outlook Industri Drone 2024”, Membahas Prediksi Pasar Drone Mendatang

Avatar of hartono
Terra Drone Indonesia Menyelenggarakan Webinar "Outlook Industri Drone 2024", Membahas Prediksi Pasar Drone Mendatang
Dokumentasi Webinar "Outlook Industri Drone 2024" (Sumber : Terra Drone Indonesia)

.Com – Melalui webinar bertajuk “Outlook Industri Drone 2024”, Terra Drone Indonesia bersama Asosiasi Sistem dan Teknologi Awak (ASTTA) serta Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI) berbagi tentang perkiraan pasar dan aplikasi drone di tahun 2024. 

Webinar “Outlook Industri Drone 2024” yang diadakan oleh Terra Drone Indonesia bertujuan untuk memberikan gambaran tentang prediksi pasar drone di tahun ini. Webinar yang berlangsung pada Januari lalu ini diisi oleh 4 pembicara, yaitu Indra Permana Sopian dari Asosiasi Sistem dan Teknologi Tanpa Awak (ASTTA) sebagai Wakil Ketua Bidang Eksternal, Ryan Fadhilah Hadi sebagai Country Manager Terra Drone Arabia & Wakil Direktur Bisnis Internasional – APAC & MEA, Dr. M Akbar Marwan sebagai Ketua Umum Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI), dan Gilang Wirata Pratama sebagai Chief Marketing Officer Terra Drone Indonesia. Mereka menyampaikan berbagai prediksi tentang industri drone dari aspek aplikasi, teknologi, hingga regulasi baik di Indonesia maupun secara global.

Dalam hal pasar industri drone, Indra Permana menyatakan bahwa secara global pasar diperkirakan hampir mencapai $48.6 Miliar, dengan Asia sebagai pemimpin dengan prediksi pasar sekitar $10 Miliar, sedangkan di Indonesia diperkirakan sebesar $93 juta. Prediksi ini tidak hanya mencakup penjualan produk tetapi juga termasuk layanan yang ditawarkan. Tren pembelian drone di Indonesia terus meningkat setiap tahun, baik untuk kebutuhan pemerintah termasuk militer maupun untuk perusahaan swasta.

Mengenai penggunaan drone di Indonesia, jumlah pilot drone bersertifikat dan drone yang terdaftar terus meningkat di tahun 2023, dan diperkirakan akan terus bertambah di tahun 2024 seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya . Bidang keahlian yang diminati oleh peserta sertifikasi juga semakin beragam, termasuk kebutuhan untuk inspeksi meskipun minat untuk pemetaan masih tinggi berdasarkan data dari Asosiasi Pilot Drone Indonesia. Penggunaan drone secara profesional juga diperkirakan akan terus meningkat mengingat kebutuhan pilot drone di berbagai industri semakin banyak.

Perkembangan teknologi drone terlihat di tahun 2024 dengan adanya pertunjukan cahaya drone saat perayaan tahun baru di Bundaran HI, Jakarta. Pada tahun 2023, telah banyak dilakukan uji coba dan demonstrasi seperti penggunaan drone kargo, drone taksi, hingga drone elte yang dapat membawa peralatan industri.

Secara global, aplikasi penggunaan drone diperkirakan akan berkembang, terutama untuk pengiriman barang, seperti yang baru-baru ini diluncurkan oleh produsen drone besar DJI dengan produk DJI FlyCart. Jumlah penyedia layanan drone juga diperkirakan akan meningkat mengingat drone semakin mudah dioperasikan dan memberikan kemudahan dalam operasional sehari-hari. Dari sisi regulasi, Unmanned Traffic Management () diperkirakan akan lebih dikembangkan di banyak negara mengingat jumlah dan penggunaan drone yang terus bertambah.

UTM digunakan untuk mengatur lalu lintas udara di mana drone termasuk di dalamnya. Selain itu, Urban Air Mobility (UAM) atau drone besar yang dapat membawa manusia dan barang untuk digunakan di perkotaan, juga mulai diuji coba, seperti uji coba drone taksi EVTOL Ehang yang dilakukan di Indonesia. Sertifikat pilot drone untuk UAM juga mulai dirancang oleh beberapa pihak agar drone besar ini dapat terbang.

Uji coba drone taxi EVTOL Ehang di IndonesiaUji coba drone taxi EVTOL Ehang di Indonesia

Di Indonesia, perkembangan aplikasi drone diperkirakan akan terus berkembang, Gilang Wirata mengatakan bahwa survei dan pemetaan masih mendominasi penggunaan drone di Indonesia. Dari sisi sektor, penggunaan drone di bidang agrikultur seperti untuk pemupukan dan penyemprotan diperkirakan akan meningkat, mengingat penggunaan drone untuk penyemprotan sudah cukup masif di tahun 2023 oleh perusahaan dan pemerintah. Di bidang survei untuk pertanahan juga akan terus berlanjut, terutama untuk kegiatan PTSL.

Ke depannya, drone tidak hanya akan digunakan untuk sertifikasi tanah, tetapi juga untuk pemodelan kota. Di sektor migas, yang sebelumnya hanya digunakan untuk inspeksi dan pengambilan data, ke depannya drone akan digunakan untuk manajemen pemeliharaan dengan data yang lebih spesifik mulai dari dimensi, posisi, fungsi, hingga eksplorasi migas.

Melihat kebutuhan industri yang terus bertambah dan diikuti oleh para produsen drone yang berkompetisi dalam inovasi produk baik hardware maupun software, drone diperkirakan akan terus berkembang dan diminati di pasar Indonesia dan global di tahun 2024 ini.

Kunjungi [www.terra-drone.co.id](https://www.terra-drone.co.id) untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan berbagai jenis drone lainnya.

Tentang PT Terra Drone Indonesia

PT Terra Drone Indonesia adalah penyedia layanan pemanfaatan drone untuk kegiatan survei udara dalam aplikasi industri yang mencakup pemetaan & pemodelan udara, serta inspeksi & pemantauan udara. Terra Drone Indonesia juga menyediakan pelatihan & konsultasi untuk perusahaan yang menggunakan drone dalam operasional sehari-hari. Fokus utama Terra Drone Indonesia adalah menyediakan solusi di sektor minyak & gas, pertambangan, konstruksi, infrastruktur, dan ketenagalistrikan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.