Tingkat Isian Penerbangan Perintis Sumenep-Pagerungan Hampir 100 Persen

Avatar of PortalMadura.com
Penulis: Slamet HidayatEditor: Hartono
Sejumlah penumpang pesawat perintis berjalan ke terminal penumpang Bandara Trunojoyo Sumenep, Selasa (17/1) siang. Mereka adalah para penumpang pesawat perintis dari Pagerungan, salah satu pulau di Kecamatan Sapeken, Sumenep. (Slamet HD/PortalMadura.Com)
Sejumlah penumpang pesawat perintis berjalan ke terminal penumpang Bandara Trunojoyo Sumenep, Selasa (17/1) siang. Mereka adalah para penumpang pesawat perintis dari Pagerungan, salah satu pulau di Kecamatan Sapeken, Sumenep. (Slamet HD/PortalMadura.Com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Tingkat isian penumpang penerbangan pesawat perintis di rute Sumenep-Pagerungan, Madura, Jawa Timur, hampir 100 persen.

Penerbangan pesawat perintis dari Sumenep ke Bandara Pagerungan merupakan salah satu program Kementerian Perhubungan sejak 2019.

“Alhamdulillah, respons warga atas penerbangan pesawat perintis di rute Sumenep-Pagerungan tetap bagus sejak 2019. Tingkat isian penumpang di setiap penerbangannya hampir 100 persen,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Klas III Trunojoyo Sumenep, Arqodri Arman di Sumenep, Kamis (19/1).

Serupa 2022, yang berbasis Bandara Trunojoyo Sumenep pada tahun ini tetap dilayani pesawat Cessna Grand Caravan milik .

Pesawat dengan kapasitas 12 penumpang tersebut beroperasi di rute Sumenep-Pagerungan sebanyak tiga kali dalam sepekan, yakni satu kali pada Selasa dan dua kali pada Rabu.

Pada tahun ini, penerbangan pesawat perintis ke sejumlah rute di Jawa Timur yang berbasis Bandara Trunojoyo dimulai sejak 10 Januari.

“Penerbangan pesawat perintis di rute Sumenep-Pagerungan di dua pekan awal ini, tingkat isian penumpangnya tetap sangat bagus. Kalau tidak penuh (12 orang), jumlah penumpangnya paling sedikit 10 orang. Itu pun masih lebih sering penuh,” kata Qodri, menambahkan.

Pada Selasa (17/1), jumlah penumpang pesawat perintis dari Sumenep ke Pagerungan sebanyak 12 orang dan Pagerungan ke Sumenep 10 orang.

Pada Rabu (18/1), jumlah penumpang pesawat perintis di penerbangan jam pertama ke Pagerungan sebanyak 12 dan ke Sumenep 11 orang.

Sementara di penerbangan jam kedua pada Rabu (18/1), jumlah penumpang ke Pagerungan sebanyak 12 orang dan ke Sumenep 10 orang.

Pagerungan adalah satu satu dari 48 pulau berpenghuni di Sumenep yang berada di Kecamatan .

Waktu tempuh perjalanan udara dari Bandara Trunojoyo Sumenep ke Pagerungan dengan pesawat perintis, sekitar satu jam.

Sementara jika melalui perjalanan laut, waktu tempuh dari Pelabuhan Kalianget ke Pagerungan pada kisaran 6-12 jam, tergantung jenis kapal/perahu. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.