oleh

Tingkatkan IPM, Poltera Jalin MoU dengan PT Pertamina Camplong

PortalMadura.Com, Sampang – Kampus Politeknik Negeri Madura (Poltera) di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur resmi menjalin kerja sama dengan PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Camplong pada realisasi Corporate Social Responsibility (CSR).

Kerjasama itu ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) berlangsung di kampus Politeknik Negeri Madura (Poltera) pada Selasa, 1 September 2020.

Acara tersebut, menghadirkan Manager Pertamina Fuel Terminal Camplong, Dedi Subandi, jajaran PT. Pertamina Fuel Terminal Camplong, Direktur Utama (Dirut) Poltera, Arman Jaya, Wakil Dirut Poltera, dan masing-masing pimpinan jurusan Poltera.

Sampang 2
Politeknik Negeri Madura (Poltera) di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur menjalin kerjasama dengan PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Camplong (Foto Rafi: @portalmadura.com)

Direktur Poltera, Arman Jaya menyampaikan, MoU dengan PT. Pertamina merupakan program kerja kampus, khususnya pada bidang kerjasama guna menguatkan sinergitas kampus dengan masyarakat untuk pengembangan wirausaha.

“Sinergitas kemitraan yang berhubungan dengan peningkatan kualitas dan sumberdaya masyarakat di berbagai bidang. Sehingga sinergi yang kami bangun dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama di bidang kewirausahaan,” ujarnya.

Bentuk sinergitas yang dilakukan Poltera, yaitu membangun sebuah sistem alat dengan pembuatan mesin batik modern yang diproduksi mahasiswa.

Alat cetak modern untuk batik yang berbasis teknologi, dapat digunakan masyarakat sesuai dengan potensi batik di beberapa wilayah Madura, khususnya Sampang.

“Tentu, mahasiswa Poltera memiliki hasil karya di berbagai bidang. Salah satunya, wiraswasta, pertanian, perkapalan, dan beberapa produk lainnya,” imbuh Arman.

Menurutnya, setiap mahasiswa semester akhir telah memiliki karya tersendiri yang mampu diterapkan sesuai kebutuhan di lingkungan masyarakat Madura.

Besar harapan, kerjasama dengan PT. Pertamina (Persero) dapat meningkatkan kompetensi atau kemampuan dalam berbagai bidang ilmu.

Bahkan bertujuan untuk mewujudkan peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang dapat bersaing daerah berkemajuan di pulau Madura.

“Kami sangat mengharapakan terhadap semua karya yang diciptakan mahasiswa supaya mampu meningkatkan IPM yang berdampak pada peningkatan kualitas di berbagai bidang,” katanya.

Sampang 3
Politeknik Negeri Madura (Poltera) di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur menjalin kerjasama dengan PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Camplong (Foto Rafi: @portalmadura.com)

Sementara itu, Manager Pertamina Fuel Terminal Camplong, Dedi Subandi  mengaku, kerja sama dengan perguruan tinggi Poltera sebagai upaya meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengembangan masyarakat Sampang.

“Kami sepakat realisasi CSR dapat menjalin bekerja sama dengan perguruan tinggi Poltera. Kontribusi dapat dipastikan ada setiap tahun,” ungkapnya.

Pihaknya bekerja sama dengan Poltera, lantaran mengutamakan bidang akademik yang dinilai mampu mengembangkan dan mengangkat potensi kewirausahaan di daerah Sampang.

“Setelah kami resmi bekerja sama dengan Poltera, semoga sinergi dapat berkelanjutan, berguna untuk masyarakat dalam mengembangkan usaha dan dapat meningkatkan SDM,” pungkasnya.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Oktaviana Dwi KK
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE