Tipe Rambut Anda Kombinasi? Ini Cara Merawatnya

Avatar of PortalMadura.com
Tipe Rambut Anda Kombinasi? Ini Cara Merawatnya
Ilustrasi

PortalMadura.Com ditandai dengan kondisi kulit kepala atau akar rambut yang berminyak atau berketombe, dan ujung rambut yang sangat kering atau bercabang. Tipe rambut ini juga bisa membuat siapa saja yang mengalaminya menjadi serba salah dan kebingungan dalam menentukan perawatan yang tepat.

Menggunakan produk untuk rambut berminyak akan membuat ujungnya semakin kering, begitu juga sebaliknya. Sehingga Anda lebih dulu perlu tahu apa penyebab kondisi rambut kombinasi setelah itu bagaimana cara mengatasinya atau merawatnya.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Senin (13/1/2020) dari laman fimela.com yang dikutip dari berbagai sumber. Berikut ini penjelasannya:

Penyebab Kondisi Rambut Kombinasi

Meski mengalami kondisi yang cukup kompleks, kebanyakan orang yang tidak melakukan perawatan rambut secara intens layaknya merawat kulit wajah. Apalagi bila kondisi rambut terasa berminyak dan kering di saat yang bersamaan, atau yang disebut dengan tipe rambut kombinasi.

Lesley Drummond, seorang senior stylist di John Frieda Salons di London mengatakan bahwa penyebab terutama yang membuat rambut mengalami kondisi ini adalah faktor gaya hidup, pola makan tidak sehat, dan faktor stres.

Terlalu sering menggunakan alat styling rambut dengan suhu terlalu panas, menggunakan terlalu banyak bahan kimia pada rambut, hingga terlalu sering mewarnai rambut, juga bisa membuat rambut di bagian tengah hingga ujung menjadi kering. Apalagi bila tidak diimbangi dengan pemberian pelembap, rambut akan menjadi sangat kering, mudah patah hingga bercabang.

Selain itu, pola makan dan stres juga bisa menjadi faktor lain yang menyebabkan rambut mengalami kondisi kombinasi. Terlalu banyak mengonsumsi junk food misalnya, bisa berdampak pada kondisi pangkal atau kulit kepala yang menjadi terlalu berminyak hingga berketombe.

Baca Juga: 3 Manfaat Mujarab Daun Waru Bagi Kesuburan Rambut

Perawatan Rambut Kombinasi

Bila Anda mengalami kondisi yang sama dan hampir menyerah karena serba salah dalam melakukan perawatan rambut, jangan khawatir! Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat rambut kombinasi.

1. Perhatikan Kandungan yang Ada di Dalam Produk Sampo dan Kondisioner yang Dipakai

Kondisi rambut yang sangat berminyak pada pangkal dan sangat kering pada ujungnya bisa membuat siapa saja yang mengalaminya merasa bingung dalam memilih kandungan yang tepat untuk mengatasi keduanya.

Beruntungnya, kini sudah banyak pakar maupun brand yang aware akan kondisi ini, sehingga menghadirkan produk hair care dengan kandungan yang ampuh untuk merawat rambut kombinasi. Kandungan tersebut di antaranya yaitu clay dan aloe vera yang dapat membantu membersihkan kulit kepala, tanpa membuatnya iritasi atau kering.

2. Tidak Perlu Sering Keramas
Kalau poin ini, sebaiknya Anda melihat kondisi rambut terlebih dahulu, ya! Terlalu sering keramas sebenarnya tidak dianjurkan. Namun, ada juga kondisi rambut yang membutuhkan keramas setiap hari.Pakai kondisioner hanya dari bagian tengah hingga ujung rambut saja.

Terlalu banyak menggunakan kondisioner, khususnya di area pangkal rambut atau kulit kepala, bisa membuat kondisinya semakin berminyak. Karenanya, Anda yang memiliki rambut kombinasi dengan ujung rambut kering disarankan untuk mengaplikasikan kondisioner pada bagian tengah hingga ujung rambut saja.

3. Gunakan Air Dingin Saat Keramas
Untuk Anda yang memiliki rambut kombinasi, hindari menggunakan air panas saat keramas. Suhu air yang terlalu panas pada rambut kombinasi akan merangsang kelenjar sebaceous, menghasilkan lebih banyak minyak, dan membuat kondisi rambut yang sudah kering menjadi semakin kering.

4. Hindari Terlalu Sering Menggunakan Alat Styling
Faktor eksternal yang membuat rambut memiliki kondisi kombinasi yaitu terlalu sering menggunakan alat styling dengan suhu panas. Bila Anda terpaksa menggunakannya setiap hari, sebaiknya seimbangkan dengan penggunaan vitamin dan pelembap di ujung rambut yang sering kering.

Selain beberapa cara tadi, perawatan lain yang bisa Anda lakukan yaitu rutin menyisir rambut setidaknya dua kali sehari (pada waktu bangun tidur dan sebelum tidur), memperhatikan pola makan dengan mengurangi mengonsumsi makanan cepat saji, serta menghindari stres yang bisa berpengaruh pada kondisi rambut.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.