oleh

Harga Cabai di Sumenep Naik

PortalMadura.Com, Sumenep – Harga cabai di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, naik yang diduga akibat pasokan komoditas tersebut terbatas.

“Harga cabai kecil pada saat ini Rp 65 ribu per kilogram dari sebelumnya Rp 48 ribu pada pekan lalu,” kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Sumenep, Agus Dwi Saputra, Senin (13/1/2020).

Selain cabai kecil, harga cabai merah besar juga naik dari Rp 40 ribu per kilogram pada pekan lalu menjadi Rp 60 ribu.

“Cabai itu termasuk salah satu komoditas yang tidak bisa disimpan lama. Apalagi, saat ini awal musim hujan. Ketika pasokan terbatas tentunya akan berpengaruh dengan harganya,” kata Agus, menerangkan.

Baca Juga: Askab PSSI Sumenep Ingin Klub Miliki Wasit Berlisensi

Sesuai hasil pemantauan Disperindag Sumenep, harga sejumlah komoditas lainnya juga naik, di antaranya bawang putih dari Rp 27 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram dan kentang dari Rp 12 ribu menjadi Rp 13 ribu.

Sementara harga komoditas lainnya terpantau stabil, di antaranya beras pada kisaran Rp 9.500 hingga Rp 10.500 per kilogram, gula pasir Rp 12.500, minyak goreng curah Rp 10 ribu, dan mentega curah Rp 24 ribu per kilogram.

Disperindag Sumenep secara rutin memantau harga komoditas di dua pasar di Kecamatan Kota, yakni Pasar Anom Baru sebagai lokasi induk dan Pasar Bangkal sebagai pembanding. (*)

Penulis: Slamet HD
Editor: Desy Wulandari
Tirto.ID
Loading...

Komentar