PortalMadura.com

Tips Ampuh Kenalkan Tugas Rumah Pada Si Kecil

  • Senin, 26 September 2016 | 07:00
Tips Ampuh Kenalkan Tugas Rumah Pada Si Kecil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengajarkan anak mengenai pekerjaan rumah sehari-hari adalah tugas penting setiap orang tua. Untuk itu, memberi si kecil tugas sederhana di rumah dapat membangun rasa tanggung jawab dan kemampuan untuk bekerjasama yang dimulai dari hal-hal kecil di rumah.

Berikut adalah 5 tips untuk membangun kebiasaan baik tersebut sejak dini.

1. Tumbuhkan motivasi sejak dini

Bila kita mengajarkan si kecil melakukan tugas rumah tangga ketika mereka mulai besar, hal ini biasanya berakhir mengecewakan. Lebih baik, libatkan anak-anak dalam kegiatan keluarga untuk mengerjakan tugas-tugas rumah tangga sejak usia balita.

Sejak balita mulai tertarik pada alat-alat rumah tangga dan suka meniru ayah dan bundanya bekerja, berikan ia kemoceng atau sapu kecil untuk ia mainkan. Si kecil pasti senang menirukan ayah dan bunda bersih-bersih dan kelak hal ini akan memunculkan ketertarikannya untuk membantu bunda mengerjakan tugas-tugas rumah.

Libatkan juga seluruh anggota keluarga yang lain untuk bersih-bersih bersama dalam suasana yang penuh kekeluargaan.

2. Buat kegiatan yang menyenangkan

Baca Juga:  Moms, Ini 3 Tips Aman Saat Anak Bermain di Luar Rumah

Mengerjakan tugas-tugas rumah tangga bukanlah hal yang menyenangkan, bahkan bagi bunda yang setiap hari melakukannya. Kerena itu, cobalah lebih kreatif untuk merangsang ketertarikan si kecil untuk membantu mengerjakan tugas-tugas di rumah.

Nyalakan musik, bernyanyi bersama sambil bekerja, dan nyalakan timer untuk melihat siapa yang bisa mengerjakan tugasnya dalam 5 menit. Kegiatan yang penuh kekeluargaan tersebut akan terekam dalam memori si kecil sebagai kegiatan yang menyenangkan sehingga dapat merangsang minat si kecil untuk membantu bunda melakukan tugas-tugas rumah tangga.

Harijadi Bangkalan

3. Beri ia pilihan

Beri si kecil kesempatan untuk memilih pekerjaan mana yang ingin ia lakukan. Di awal minggu, catat di sebuah papan perkerjaan apa saja yang harus dilakukan (misalnya memberi makan kucing, membuang sampah, atau merapikan tempat tidur) dan siapa yang bersedia melakukannya.

Atau, buatlah kartu-kartu bergambar tugas-tugas rumah tangga kemudian masukkan ke kotak tertutup. Suruh setiap anak mengambil 1 kartu dan mengerjakan tugas yang tergambar pada kartu tersebut. Blita suka diberi wewenang untuk memilih apa yang ingin dilakukannya karena ini membuatnya merasa lebih mandiri.

Baca Juga:  6 Manfaat Menceritakan Dongeng Sebelum Anak Tidur

4. Beri pekerjaan pada anak-anak sesuai kepribadiannya

Anak yang cenderung rapi dan terorganisir akan senang melakukan tugas-tugas yang berkaitan dengan kerapian dan keteraturan. Anak-anak yang lebih kreatif lebih baik diberi pekerjaan yang menuntut kreativitas, misalnya memasak.

Lain halnya dengan anak-anak yang enerjik, mereka akan mengerjakan tugas-tugas yang melibatkan gerak tubuh dengan baik, misalnya menyapu atau membersihkan karpet dengan vacuum cleaner. Beri tugas anak-anak sesuai dengan kepribadiannya dan mereka akan lebih semangat bekerja.

5. Beri hadiah

Jangan ragu memberi pujian dan hadiah sederhana bila si kecil mampu mengerjakan tugasnya dengan baik. Hadiahnya mungkin sederhana, misalnya 1 bintang emas untuk setiap pekerjaan yang selesai dengan baik.

Anak yang mendapat paling banyak bintang emas setiap minggunya boleh memilih tempat yang akan dikunjungi bersama di akhir pekan. Bisa juga dengan reward lain, misalnya boleh menonton kartun kesukaannya atau tidur malam 15 menit lebih larut daripada biasanya. (balitapedia.com/choir)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional