Tips Belanja Besi untuk Konstruksi

Avatar of hartono
Tips Belanja Besi untuk Konstruksi
Contoh besi siku (Sumber : PT Material Inovasi Industri)

.Com – Dalam setiap konstruksi, memilih besi yang sesuai dengan kebutuhan sangatlah krusial. Apa saja kesalahan yang biasanya terjadi dan apa yang harus ditanyakan kepada penyedia besi?

Saat membeli material konstruksi, termasuk besi, seringkali kita menghadapi beberapa kendala.

1. Dimensi tidak sesuai ukuran

Salah satu masalah umum adalah ketidaksesuaian ukuran besi yang dipesan dengan yang sebenarnya. Misalnya, besi siku yang seharusnya berukuran 40mm x 40mm ternyata hanya 37mm x 37mm.

2. Toleransi Ketebalan

Selain itu, ketebalan besi juga sering menjadi sumber kesalahan. Banyak yang mengabaikan pemeriksaan ketebalan langsung di tempat. Sangat penting untuk meminta ketebalan yang akurat dari penyedia, karena bisa saja besi hollow yang ditandai dengan ketebalan 2mm, sebenarnya hanya memiliki ketebalan 1,8mm saat diukur dengan mikrometer sekrup.

Tips Belanja Besi untuk Konstruksi
Pipa kotak dengan ketebalan 2mm (Sumber : PT Material Inovasi Industri)

3. Harga yang volatil

Harga yang volatil kadang membuat opsi menggunakan besi aval/ besi bekas menjadi menarik karena kekuatan yang tetap baik dengan harga yang jauh lebih .

Dengan berbagai masalah yang muncul, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan saat berbelanja besi Anda

1. Persiapkan dengan detail dimensi dan ketebalan besi yang Anda perlukan, diskusikan apakah bisa menggunakan besi bekas

2. Tanyakan ukuran riil besi yang Anda cari, lebih baik apabila bisa memberikan foto hasil ukur langsung

3. Tanyakan material dan bahan besi Anda karena ada berbagai material besi yang anti karat seperti besi galvanis, ada yang tahan tekanan tinggi seperti pipa schedule, ada juga yang food grade seperti besi stainless steel 316

Sedangkan saat berbelanja besi bekas, ini yang Anda perlu perhatikan

1. Tanyakan bekas penggunaan sebelumnya, penting untuk mengetahui hal ini untuk mendapatkan gambaran apakah kekuatan besi sudah secara drastis atau tidak. Hal ini dapat diketahui dengan mengetahui apakah besi terpapar kondisi ekstrim, ataupun sering mendapatkan tekanan.

2. Cek kondisi karat, apabila karat sudah mengikis besi maka kekuatan dapat dipastikan akan berkurang.

3. Perhatikan apakah ada lubang, potongan, atau tambalan pada besi yang Anda beli

PT Material Inovasi Industri berkomitmen untuk transparan dalam menyediakan besi konstruksi dengan jasa “cek fisik”, dimana kami akan memberikan foto riil uji ukur besi. Oleh karena itu, kami menyediakan juga jasa jual-beli besi bekas untuk membantu teman-teman mengurangi budget belanja besi Anda. Kami juga melalukan screening dan filter pada besi-besi yang spesifikasi baik yang akan kami terima.

Tips Belanja Besi untuk Konstruksi
Contoh Pipa Besi Bekas berbagai ukuran PT Material Inovasi Industri (Sumber : PT Material Inovasi Industri)

About PT Material Inovasi Industri
PT Material Inovasi Industri adalah penyedia material konstruksi berpusat di Semarang Jawa Tengah. Kami menyediakan berbagai besi dari plat, besi kanal, pipa, dan lainnya. Kami juga menyediakan jasa berupa jual dan beli besi bekas.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.