oleh

Tips Memotong Kuku Bayi yang Aman dan Nyaman

PortalMadura.Com – Kuku bayi baru lahir cenderung tumbuh dengan cepat, walau masih terlihat lembut dan lunak. Oleh karena itu, banyak orang tua yang ragu atau tidak berani untuk memotong kuku bayi baru lahir karena takut kulit bayi terluka.

Untuk mencegahnya, Anda bisa mempelajari cara memotong kuku bayi yang baru lahir dengan baik dan benar. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (26/2/2021), berikut tips memotong kuku bayi:

Selamat Ibadah Puasa

Gunakan Gunting Kuku Khusus Bayi

Anda disarankan untuk menggunting kuku Si Kecil dengan gunting kuku khusus bayi. Karena kondisi jari bayi masih kecil dan mungil.

Lakukan Ketika Bayi Tertidur

Waktu terbaik untuk menggunting kuku bayi baru lahir adalah saat ia sedang tidur agar ia tidak banyak bergerak.

Hindari Menggunting Kuku Bayi Terlalu Dalam

Saat menggunting kuku bayi, tekan bagian ujung jarinya ke arah bawah agar tidak terkena gunting kuku. Selanjutnya, pegang kuku bayi dengan erat dan guntinglah secara tipis hanya di bagian atas kuku.

Cari posisi yang Nyaman Untuk Menggunting Kuku Bayi

Salah satu posisi yang dapat dipilih adalah menggunting kuku bayi sambil menempatkannya di atas pangkuan. Pastikan Anda menggunting kuku Si Kecil dengan penerangan yang cukup. Hal ini untuk mencegah jari Si Kecil cedera akibat tergunting atau tertusuk secara tidak sengaja.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar