oleh

TKI Ilegal asal Sampang Meninggal di Malaysia

PortalMadura.Com, Sampang – Satu Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal, Siwan (44) warga Dusun Seneng, Desa Nepa, Kecamatan Banyuates, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, meninggal dunia di negara Malaysia.

Kedutaan Besar Republik Indonesia di Kuala Lumpur melalui Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), membawa pulang jenazah almarhum Siwan ke rumah duka di Sampang, Madura.

Selamat Ibadah Puasa 1

Jenazah dijemput di Bandara Juanda Surabaya, menggunakan mobil ambulans yang dibantu pejabat Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM PTSP) dan Tenaga Kerja (Naker) Sampang.

“Kami memfasilitasi dan menanggung biaya pemulangan jenazah almarhum sampai ke rumah duka,” kata Pelaksana tugas (Plt) Kabid Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, (DPM PTSP) dan (Naker) Sampang, Agus Sumarso, Jumat (26/2/2021).

Pihaknya memulangkan jenazah Siwan, setelah ada permintaan dari sepupu almarhum, Aris, agar dapat dikebumikan di kampung halaman.

Agus menyampaikan, Siwan meninggal dunia pada 23 Februari 2021 pukul 05:55 pagi. Surat keterangan kematian yang dikeluarkan dari Balai Polis Pantai Daerah Brickfelds Kuala Lumpur, Malaysia, almarhum memiliki riwayat penyakit komplikasi.

“Almarhum meninggal karena menderita penyakit komplikasi, stroke, kencing manis, dan darah tinggi,” ungkapnya.

Status pekerjaan, almarhum berangkat menjadi tenaga kerja ke Malaysia melalui jalur non prosedural. Lantaran tidak memiliki dokumen lengkap yang dapat diakui pemerintah sebagai TKI.(*)

Penulis : Rafi
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar