Tips Mengatur Pengeluaran Agar Tidak Boros Saat Ramadan

images
Ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Bulan Ramadan adalah bulan yang spesial bagi Umat Muslim. Anda pastinya sudah mulai merubah jam kerja, mengatur pola makan, pola tidur dan harusnya pola pengeluaran uang.

Saat ini para umat Muslim berpuasa tidak makan dan minum serta menahan hawa nafsu. Nah, seharusnya pengeluaran kan lebih hemat karena tidak makan siang. Tapi mengapa justru selama puasa belanja kita makin membengkak?

Biasanya selain harga barang yang jadi lebih mahal, kita juga tidak terkontrol dalam mengeluarkan uang saat membeli makanan untuk buka puasa dan juga sahur. Jika Anda tidak berhati-hati dengan pengeluaran, bisa jadi pengeluaran di bulan Ramadan bisa jadi lebih boros lho. Lalu, bagaimana sih cara menghemat pengeluaran saat bulan Puasa?

Baca Juga:  Model Rambut Wanita Gemuk, Bisa Bikin Kamu Pede

Yang pertama, Anda bisa membuat anggaran belanja semala Ramadan. Tuliskan semua hal yang perlu dibeli saat Ramadan. Buat juga anggaran untuk acara-acara buka bersama teman, keluarga dan lain sebagainya. Dengan membuat anggaran, tentu akan lebih bisa menghemat pengeluaran.

Baca Juga : Hati-hati! Kenali 5 Pengeluaran Tambahan Saat Bulan Puasa

Selanjutnya, belilah makanan untuk sahur dan berbuka puasa dengan bijak dan secukupnya. Jangan menuruti keinginan dan lapar mata saat akan berbuka puasa. Belilah makanan secukupnya dan jangan berlebihan. Yang jelas makanannya harus bergizi dan bisa memberikan tenaga untuk berpuasa.

Last but not least, belanjalah dengan cerdas. Memang, saat Ramadan menjelang lebaran harga barang banyak yang baik. Nah, saat akan belanja ada baiknya untuk membandingkan harga barang. Jangan lupa juga mengecek promo apa saja yang ada.

Baca Juga:  Model Rambut Wanita Gemuk, Bisa Bikin Kamu Pede

Ini akan sangat membantumu dalam belanja dengan lebih hemat dan cerdas. Semoga tips ini bermanfaat untuk Anda. Selamat menjalani ibadah Ramadan. Semoga bulan penuh keberkahan ini memberikan banyak sekali kedamaian.


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.