Tips Menyimpan Buah Tomat agar Awet dan Tidak Membusuk

  • Bagikan
tomat 20160610 233542
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Anda penyuka tomat, suka juga dengan jus tomat, atau paling doyan bikin saus tomat homemade sendiri? Pastinya Anda hepi banget ya kalau harga tomat lagi murah-murahnya, dan pinginnya stok tomat dalam jumlah yang banyak buat persediaan. Selain harganya relatif murah, semua pasti sudah tahu kalau buah bercita rasa asam manis ini kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan kan.

Tomat mengandung banyak vitamin yang baik untuk tubuh. Di balik itu, tomat ternyata tidak bertahan jika disimpan dalam jangka waktu lama atau mudah membusuk. Namun jangan khawatir, ada trik ampuh untuk menyimpannya. Sebaiknya tomat jangan disimpan dalam kulkas. Cara ini cukup banyak dilakukan orang-orang karena menganggap menyimpan makanan dalam kulkas akan membuat lebih awet.

Beberapa jenis makanan memang dapat lebih bertahan lama, namun ada pula yang justru cepat membusuk kalau disimpan dalam kulkas. Menyimpan tomat dalam kulkas malah akan merusak kualitas baik dari tekstur, warna, hingga rasa. Tips lainnya adalah menyimpan tomat di suhu ruangan. Bukan tanpa alasan, tetapi karena tomat adalah tumbuhan iklim hangat.

Letakkan tomat dalam wadah terbuka dan jangan lupa untuk melapisi bagian bawah dengan kertas. Kemudian, jangan buang tangkai hijau jika ingin tomat lebih awet dan segar. Tangkai tersebut memiliki fungsi untuk memperlambat kematangan tomat dan mencegahnya agar tidak mudah busuk.

Memotong tangkai hijau tomat bakal membuat bakteri lebih mudah hingga tomat cepat membusuk. Cara terbaik lainnya adalah simpan tomat dalam keadaan terbalik. Hal ini membantu mengurangi proses oksidasi hingga tomat terlindung dari udara sekitar.

Beberapa cara menyimpan tomat tersebut bisa kamu lakukan agar persediaan tomat kamu tetap segar dan awet. Untuk lebih praktisnya jika Anda membeli tomat dalam jumlah yang banyak, sebaiknya pilih yang belum matang karena nanti ia akan matang sendiri, dengan begitu tomat sudah matang ketika kamu membutuhkan dan nutrisinya pun tetap terjaga.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.