Tips Mudah Bersihkan Mesin Cuci yang Baik dan Benar

  • Bagikan
mesin cuci
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mesin cuci dirancang untuk membersihkan pakaian yang sudah kotor. Tapi walaupun demikian, bukan berarti mesin yang digunakan itu tidak butuh perawatan juga, maksudnya dibersihkan.

Sebab, apabila tidak dibersihkan dengan baik, mesin cuci juga bisa menjadi kotor dan pakaian yang akan Anda cuci menjadi taruhannya.

Sebagaimana sebuah penelitian menemukan bahwa ada bakteri seperti salmonella dan E.coli dari popok dan pakaian yang sering dicuci di mesin cuci itu. Jadi, Anda perlu membuat mesin cuci tetap bersih sehingga fungsinya menjadi lebih maksimal.

Caranya mudah, Anda hanya perlu menyemprot bagian dalam mesin cuci dengan air biasa dan deterjen. Hal ini digunakan untuk melunturkan debu dan kotoran yang menempel pada mesin cuci. Tunggu sekitar 30 menit. Kemudian, buang air deterjen dan bilas hingga bagian dalam benar-benar bersih. Barulah setelah itu Anda bisa gunakan mesin cuci untuk mencuci pakaian seperti biasa.

Jika ingin hasil maksimal, lakukan kebiasaan menyemprot setelah setiap pencucian sehingga enzim alami dapat mencegah timbulnya mineral air yang keras, menghilangkan buih deterjan, bakteri, dan bintik hitam.

Selain pembersihan rutin, Anda juga dapat melakukan pembersihan mendalam secara bulanan. Caranya;

Untuk Mesin Cuci dengan Penutup di Bagian Atas
Masukkan cairan pembersih ke bagian dalam mesin. Diamkan cairan tersebut selama 30 menit. Kemudian, jalankan mesin cuci dalam siklus kosong sambil membersihkan bagian luar.

Untuk Mesin Cuci dengan Penutup di Bagian Depan
Lakukan hal yang sama seperti cara sebelumnya. Namun bersihkan segala rambut dan kotoran pada karet di pintu penutup. Semprot dan bersihkan di dalam flap hingga bersih. Jika mesin Anda memiliki filter di belakang, keluarkan dan bersihkan bagian tersebut dengan cara di bilas. (liputan6.com/Putri)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.