oleh

TKI Ilegal asal Sampang Tewas di Malaysia

PortalMadura.Com, Sampang – Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Yusuf, warga Kecamatan Tambelangan, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, tewas saat kecelakaan kerja di Malaysia pada (2/7/2019).

“Tetapi kami tidak tahu entah ia kuli bangunan atau pekerjaan lain,” kata Kasi Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Koperasi, Usaha Mikro, dan Tenaga Kerja (Diskumnaker) Sampang, Agus Sumarso, Jumat (5/7/2019).

Menurutnya, TKI yang tewas kecelakaan kerja tersebut berstatus ilegal.

“TKI ilegal atau tidak, pemerintah tetap menfasilitasi untuk penjemputan jenazah. Karena mereka tetap warga kami,” ungkapnya.

Loading...

Pihaknya bekerja sama dengan pemerintah daerah dan pemerintah pusat mengenai fasilitas yang berkaitan dengan TKI meninggal dunia.

Jenazah dijemput ke Bandara Juanda Surabaya setelah menerima laporan dari kelurganya yang ada di Malaysia dan di rumah duka.

“Keluarga duka minta bantuan kepada kami untuk mendapingi proses pemulangan jenazah dari Bandara sampai ke rumuh duka,” ujarnya.

Diskumnaker Sampang berharap masyarakat bisa berangkat kerja ke luar negeri melalui jalur resmi. ” Kami akan membantu proses administrasi dan persiapan kerjanya” pungkasnya.(*)


Penulis : Rafi
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar