4 Cara Atasi Smartphone Android Lemot, Cuma 5 Menit

4 Cara Atasi Smartphone Android Lemot, Cuma 5 Menit
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Penggunaan smartphone Android di era digital seperti saat ini sudah bukan hal yang asing lagi. Bahkan, sehari terpisah dari gadget yang satu ini bisa bikin hidup seseorang terasa hampa. Tidak heran, jika smartphone mereka mengalami masalah, seperti lemot ketika sedang digunakan sehingga tidak bisa dipakai dengan baik bisa membuat pengguna kebingungan.

Sebenarnya, smartphone yang tidak bisa bekeja dengan baik disebabkan beberapa faktor. Misalnya, karena terlalu banyak menginstal aplikasi, sehingga memori internal dan eksternal smartphone tersisa sedikit.

Selain itu, banyak menggunakan widget animasi juga bisa membuat smartphone lemot. Ditambah aplikasi yang tidak digunakan masih aktif, bahkan aplikasi yang terlalu lama tidak di-update, dan terlalu banyak menggunakan akun email juga bisa menjadi penyebabnya.

Untuk itu, berikut ini empat cara mengatasi smartphone Android yang lemot hanya dalam waktu 5 menit:

Membersihkan Cache

Anda tahu apa itu cache?. Pada dasarnya, kata cache diambil dari kata crash. Jadi, secara istilah file cache dapat diartikan sebagai file sementara yang terdapat di memori internal smartphone Android. Maka dari itu, cache ini akan mencatat aktivitas aplikasi Android yang telah digunakan.

Baca Juga:  Pilih Portable Speaker yang Punya 4 Keunggulan Ini, Apa saja?

Kendatipun data yang dihasilkan sedikit, namun jumlah aplikasi yang Anda gunakan banyak, ternyata hal itu yang bisa membuat smartphone Anda lemot.

Untuk itu, Anda harus membersihkan cache dengan cara seperti berikut: Pertama, buka aplikasi pengaturan yang ada di smartphone Android Anda. Lalu klik menu aplikasi, di sana Anda bisa melihat semua aplikasi yang ada di dalam smartphone. Kemudian, pilih menu penyimpanan dan hapus memori, lakukan pada semua aplikasi yang Anda miliki.

Uninstall Bloatware

Saat membeli ponsel baru, tidak jarang banyak aplikasi bawaan atau bloatware dari smartphone Android yang tidak terlalu dibutuhkan. Sebenarnya, Anda bisa menghapus bloatware tersebut dengan cara membuka aplikasi pengaturan, klik menu aplikasi lalu pilih aplikasi yang ingin Anda hapus dengan mengklik uninstall atau disable.

Baca Juga: 3 Cara Jitu Tingkatkan Kinerja RAM di Smartphone Android

Menghapus Widget

Agar memudahkan pengguna menginstal aplikasi, smartphone Android pun menyediakan berbagai macam widget. Widget merupakan aplikasi versi mini yang bisa digunakan secara langsung. Biasanya, widget ditaruh di home screen untuk memudahkan pengguna ketika ingin diakses.

Namun untuk mengoptimalkan Android yang dipakai, Anda bisa menghapusnya dengan cara pilih widget yang ingin dihapus. Kemudian tekan dan tahan untuk beberapa saat, lalu geser ke arah gambar tempat sampah.

Baca Juga:  Pilih Portable Speaker yang Punya 4 Keunggulan Ini, Apa saja?

Optimalkan Google Chrome

Aplikasi Google Chrome pasti terpasang pada setiap smartphone Android. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam mencari informasi. Namun, pernahkah Anda merasakan smartphone tidak berjalan dengan baik saat sedang browsing sesuatu?.

Nah, jika masalah ini pernah Anda alami, Anda perlu mengoptimalkan Google Chrome. Ini merupakan cara terbaik untuk dapat mengembalikan performa Android. Tidak hanya itu, Anda bisa mengaksesnya dengan menghemat kuota internet.

Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu pergi ke aplikasi Google Chrome, klik tiga titik yang berada dipojok kanan atas lalu pilih menu pengaturan. Klik Advanced dan pilih Data Saver, lalu aktifkan untuk menghemat pemakaian data. Selamat mencoba!


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.