oleh

TP PKK Kabupaten Sumenep Aktifkan Dasa Wisma

PortalMadura.Com, Sumenep – Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim mengaktifkan kembali kegiatan dan kepengurusan Dasa Wisma.

Dasa Wisma merupakan kelompok ibu yang berasal dari 10 kepala keluarga (KK) guna membantu kelancaran dan tugas pokok serta pogram PKK desa/kelurahan.

Program mengaktifkan kembali Dasa Wisma, TP PKK Kabupaten Sumenep bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Pemkab setempat, diawali dengan menggelar Sosialisasi dan Revitalisasi Dasa Wisma, Senin (10/12/2018), di Gedung Nasional Indonesia (GNI) Sumenep.

Ketua TP PKK Kabupaten Sumenep, Nurftriana Busyro Karim menjelaskan, secara umum kegiatan Dasa Wisma bertujuan untuk menciptakan sistem kewaspadaan dan kesiap siagaan dini di tengah kehidupan masyarakat terhadap kemungkinan terjadinya penyakit dan masalah sosial lainnya yang mengancam dan merugikan masyarakat itu sendiri.

“Jika Dasa Wiswa kuat, Insyaallah akan membantu akselerasi pembangunan di Kabupaten Sumenep,” kata Nurfitriana dalam sambutan pembukaan sosialisasi Dasa Wisma.

Menurutnya, keberadaan Dasa Wisma dirasa sangat penting dalam mendukung pogram pemerintah daerah, khususnya TP PKK, meski Dasa Wisma itu sendiri belum mendapat perhatian serius.

Pihaknya berharap, peran serta para pengurus PKK kecamatan, desa dan kelurahan agar aktif menghidupkan kembali kegiatan Dasa Wisma sekaligus penguatan kelembagaan di lingkungan masing-masing.

Selain itu, istri Bupati Sumenep ini berharap melaui penguatan Dasa Wisma dapat menguatkan kaum perempuan di Kabupaten Sumenep.

“Saat ini, kaum perempuan harus menjadi elemen penting perubahan bangsa. Kaum perempuan tidak boleh hanya berdiam diri dan memasrahkan segala perjalanan kaum perempuan menuju perubahan dan transformasi kepada kaum laki-laki saja,” tegasnya.

Pentingnya keberadaan Dasa Wisma juga disampaikan oleh Bupati Sumenep, A Busyro Karim dalam sambutannya yang disampaikan Asisten Pemerintahan Sekda Sumenep, Carto.

Salah satunya, bahwa Dasa Wisma memiliki peran strategis dalam mewujudkan keluarga sejahtera. “Bagaimanapun, perempuan karier maupun ibu rumah tangga sama-sama miliki peran strategis bagi kemajuan bangsa ini,” katanya.

Turut hadir dalam acara Sosialisasi dan Revitalisasi Dasa Wisma tersebut, antara lain, para pimpinan OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Sumenep, pengurus TP PKK Kabupaten Sumenep dan unsur Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Sumenep.(Nanik/Putri)

Komentar