Tradisi ‘Water Salute’ Akan Warnai Penerbangan Perdana Citilink ke Sumenep

Avatar of PortalMadura.com
Tradisi 'Water Salute' Akan Warnai Penerbangan Perdana Citilink ke Sumenep
Ilustrasi [kemlu.go.id]

PortalMadura.Com,Sumenep – Upacara water salute akan mewarnai penerbangan perdana Citilink di Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura.

PT Citilink Indonesia membuka rute Surabaya-Sumenep pulang pergi sejak arus mudik lebaran Idul Fitri 1443 H.

Maskapai penerbangan yang merupakan anak perusahaan Garuda Indonesia dijadwalkan terbang perdana dari Surabaya, Jumat (29/4/2022).

“Tradisi ini [water salute] dilakukan untuk layanan penerbangan baru,” terang Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, M. Arqodri Arman melalui Staff Unit Kehumasan Romziy, Senin (25/4/2022).

Tradisi water salute atau menyiramkan air ke badan pesawat tidak sembarangan dilakukan. Setiap bandara memiliki aturan tersendiri.

Pelaksanaan water salute harus mendapat persetujuan otoritas bandara, kemudian dikomunikasikan dengan kru di lapangan dan awak kabin pesawat.

Water salute umumnya dilakukan oleh bandara dalam momen-momen haru, seperti menghormati veteran militer, menyambut kunjungan pejabat asing, perpisahan dengan para pilot dan staf Air Traffic Control (ATC) yang pensiun, hingga layanan penerbangan.

Pada mudik lebaran 2022 ini, dua maskapai penerbangan yang akan melayani rute Surabaya-Sumenep pulang pergi, yakni Wings Air dan Citilink.

Wings Air akan beroperasi kembali dengan pesawat ATR 72-600 Kamis (28/4/2022) setelah sebelumnya sempat mencabut slot time penerbangan.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.