Transaksi Online, Ini 4 Keuntungannya Bagi Pelaku Usaha

Avatar of PortalMadura.com
Transaksi-Online,-Ini-4-Keuntungannya-Bagi-Pelaku-Usaha
Ilustrasi (cyberthreat.id)

PortalMadura.Com – Beberapa tahun belakangan ini pembayaran atau transaksi online menjadi pilihan masyarakat. Tidak heran jika semakin hari kian digemari oleh banyak orang dan berkembang sangat pesat. Hal ini bisa dibuktikan dari data Bank Indonesia (BI) sepanjang tahun lalu.

Tercatat nilai transaksi elektronik atau online tumbuh 49,06 persen year on year (yoy) mencapai Rp305,4 triliun. Kenapa bisa demikian?. Setidaknya ada tiga alasan yaitu meningkatnya akseptasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring, perluasan dan kemudahan sistem pembayaran digital, serta akselerasi digital banking.

Melihat perkembangannya tersebut, kini banyak bisnis yang mulai mengakomodir sistem pembayaran digital atau online. Ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh pelaku usaha ketika menerapkan pembayaran online atau digital dalam bisnisnya. Apa saja?.

Berikut ulasannya sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Kamis (27/1/2022) dari laman Idntimes.com:

Menghemat Waktu, Tenaga, dan Tempat

Keuntungan pertama ketika mengaplikasikan pembayaran online dalam bisnis Anda adalah menghemat waktu lantaran Anda tidak perlu repot menerima uang tunai dan mencari kembaliannya.

Konsumen juga bisa langsung membayar via handphone atau menggesek kartu debit/kredit. Transaksi pun berjalan hanya dalam hitungan detik.

Selain itu, pembayaran online juga bisa membuat bisnis Anda dapat melakukan dan menerima pembayaran di mana saja sehingga Anda tidak perlu menyediakan tempat khusus untuk pembayaran.

Aman dari Pencurian atau Penipuan

Keuntungan kedua dari pengaplikasian pembayaran online dalam bisnis Anda adalah terhindar dari upaya pencurian atau penipuan. Pembayaran online atau transaksi digital memiliki sistem yang biasanya bakal mendeteksi transaksi mencurigakan sehingga pihak bank bisa melakukan tindakan pencegahan.

Hanya dalam hitungan detik, bank biasanya akan langsung mendeteksi dan memblokir transaksi mencurigakan tersebut sehingga bisnis Anda jadi lebih aman.

Usaha Jadi Terlihat Lebih Kredibel

Usaha atau bisnis Anda akan jadi terlihat lebih kredibel ketika mengaplikasikan pembayaran online. Pembeli atau konsumen akan merasa jauh lebih aman dan nyaman dalam bertransaksi ketika Anda menawarkan pembayaran online kepada mereka.

Keamanan dan kenyamanan ini penting terlebih dalam kondisi pandemik COVID-19 yang mengharuskan siapapun untuk tidak melakukan sentuhan. Oleh sebab itu, pembayaran cashless atau online tanpa uang tunai jadi pilihan baik untuk mengembangkan bisnis Anda.

Bisa Melihat Data Penjualan

Dengan menerapkan pembayaran digital atau online, Anda tidak perlu repot mencatat tiap transaksi yang terjadi dalam bisnis Anda seperti halnya pada pembayaran konvensional.

Kehadiran metode pembayaran dengan dukungan internet ini bakal mempermudah Anda dalam melihat rekapitulasi data penjualan, bahkan secara real time atau sewaktu-waktu.

Anda juga tidak perlu repot membuat laporan tertulis guna mengetahui kapan saja waktu ramai penjualan dan produk yang laris. Kecepatan dan kemudahan dalam pembayaran online atau transaksi digital tentunya bisa membuat bisnis Anda berkembang pesat.

Nah, itu dia 4 keuntungan penerapan pembayaran online dan transaksi digital dalam bisnis Anda. Apakah Anda tertarik?.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.