oleh

Trotoar dan di Atas Saluran Air Jadi Lapak PKL, Siap-siap Dibongkar Satpol PP Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Para Pedagang Kaki Lima (PKL) yang memanfaatkan trotoar dan di atas saluran air sebagai lapak, maka siap-siap untuk dibongkar paksa bila mokong terhadap peringatan dan imbauan Satpol PP Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Salah satunya, di sepanjang Jalan Pahlawan Kota Sumenep. Kondisi ini disikapi serius oleh petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Sumenep.

Sabtu (25/1/2020) malam, para penegak peraturan daerah itu menyisir Jalan Pahlawan dan jalanan Kota Sumenep.

Ruang untuk keselamatan para pejalan kaki terpantau sudah banyak tidak tersedia.

Bahkan, ditemukan pedagang yang menempati tempat usaha permanen (toko) ikut memanfaatkan trotoar dan bahu jalan. Seperti tempat jualan bensin di atas bahu jalan.

Belum lagi bengkel motor yang menggunakan trotoar menjadi lahan tempat kerjanya. Sampah batok kelapa muda juga menambah kondisi kumuh di Jalan Pahlawan, Sumenep tersebut.

Saat melakukan penyisiran, petugas penegak peraturan daerah mengingatkan mereka. Bahkan, peringatan sudah dilakukan berulang kali.

“Ini peringatan persuasif dulu. Kita minta baik-baik sama mereka untuk memindahkan dagangannya,” kata Kasatpol PP Sumenep, Purwanto Edi Prawito, pada PortalMadura.Com.

Ia yang ikut turun langsung menemui para PKL tersebut meminta agar ikut mendukung dan terlibat dalam menjaga kebersihan kota, keindahan dan keamanan lingkungan.

“Sumenep rumah kita. Siapa lagi kalau bukan kita yang menjaganya. Ini kan kota,” ucapnya.

Namun, pihaknya juga tidak akan segan-segan memberi tindakan tegas bila para PKL tetap mokong terhadap peringatan yang sudah dilakukan.

“Satu dua hari ini la, kita beri tindakan kalau tetap memanfaatkan trotoar. Semua yang di kota akan kita tertibkan secara bertahap,” janjinya.

Pihaknya menyadari, para PKL butuh tempat untuk usaha, namun jangan sampai mengganggu ketertiban, keindahan dan kebersihan.

“Dan kami tidak akan tebang pilih. Siapa pun pasti ditertibkan, khususnya sepanjang jalan wilayah kota,” tandasnya.(*)

Penulis : Hartono
Editor : Hartono
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE