Trump Puji Pakta Perdagangan Bebas AS-Kanada-Meksiko Baru

Avatar of PortalMadura.Com
Trump Puji Pakta Perdagangan Bebas AS-Kanada-Meksiko Baru
Presiden AS Donald Trump (Foto File - Anadolu Agency)

PortalMadura.Com, – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald memuji perjanjian Perdagangan Trilateral senilai USD1,2 triliun dengan Kanada dan Meksiko yang direvisi, mengatakan jika Kongres menandatanganinya, perjanjian tersebut akan melindungi lapangan pekerjaan AS dan mengarah ke pertumbuhan ekonomi.

Trump mengatakan perjanjian, yang dia sebut sebagai “USMCA”, didasarkan pada “keadilan dan timbal balik” untuk ketiga Negara, mengklaim “itu akan mengubah Amerika Utara kembali menjadi pembangkit manufaktur.” dilaporkan Anadolu Agency, Selasa (2/10/2018).

“Perjanjian bersejarah ini akan mendorong dana dan lapangan pekerjaan mengalir ke warga Amerika Serikat dan Amerika Utara. Baik untuk warga Kanada, bagus untuk warga Meksiko,” katanya dalam konferensi pers di Gedung Putih. “Daripada bekerja ke luar negeri, mereka akan kembali ke rumah.”

Trump mengatakan bahwa perjanjian Perdagangan Bebas yang direvisi adalah “kesepakatan perdagangan paling penting yang pernah kami buat,” dengan alasan bahwa “tanpa tarif kami tidak akan berbicara tentang kesepakatan.”

“Tanpa tarif, kami tidak akan berdiri di sini,” kata Trump yang didampingi para pejabat perdagangannya di Rose Garden.

Kesepakatan itu diselesaikan pada Minggu ketika Kanada mengumumkan hanya beberapa jam sebelum tenggat waktu tengah malam AS bahwa mereka akan bergabung dengan kesepakatan yang awalnya ditengahi antara Washington dan Mexico City.

Trump mengatakan bahwa dia berencana menandatangani perjanjian pada akhir November sebelum dikirim ke Kongres untuk ratifikasi.

Jika berhasil dilaksanakan, perjanjian ini akan menggantikan Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA) terdahulu yang telah berlaku selama 24 tahun.

Tetapi Presiden AS itu mengakui bahwa jalan perjanjian itu di Kongres masih belum pasti karena kemungkinan oposisi dari Demokrat, mengatakan “apa pun yang Anda serahkan kepada Kongres akan menjadi masalah, tidak peduli apa pun.”

“Mereka akan berkata, ‘Ya, Anda tahu, Trump menyukainya, oleh karena itu kami tidak akan menyetujuinya karena itu hanya akan baik bagi Partai Republik, oleh karena itu kami tidak dapat menyetujuinya,'” kata Trump.

Kongres harus menyusun undang-undang tentang pelaksanaan RUU ini dan menyampaikannya melalui Senat, yang akan menjadi rumit jika Demokrat mendapatkan porsi kursi yang lebih besar dalam pemilihan paruh waktu musim gugur ini. (AA)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.