oleh

Tujuh Fakta Menarik Mengenai Payudara

SUMENEP (PortalMadura) – Berikut ini data dan angka yang menarik, ditambah dengan beberapa fakta yang bisa menyelamatkan payudara (dan nyawa Anda).

Waktu terbaik untuk melakukan pemeriksaan payudara mandiri adalah setelah selesai menstruasi

Jadi, jangan panik karena merasa ada sedikit bengkak (yang benar-benar normal karena pengaruh level hormon yang berubah-ubah), tetap lakukan pemeriksaan payudara mandiri Anda dengan konsisten. Waktu yang paling efektif untuk memeriksa payudara Anda adalah tiga sampai lima hari setelah menstruasi dimulai, ketika payudara tidak sensitif dan halus.

Anda sudah menopause? Pastikan saja melakukan pemeriksaannya pada hari yang sama setiap bulan. Periksalah payudara Anda – dengan menggunakan jari tengah – sambil berbaring, duduk, dan melihat ke cermin agar Anda bisa memeriksa perubahan di seluruh jaringan payudara. Anda dikejar waktu? Lakukanlah pemeriksaan singkat ketika sedang mandi.

Implan bisa mengurangi risiko kanker payudara

“Wanita yang melakukan implan payudara sebetulnya memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah dibandingkan dengan yang tidak,” kata Daniel Careaga, MD, dokter bedah plastik di Miami. “Hal ini mungkin disebabkan oleh jumlah jaringan payudara yang lebih sedikit; lebih sedikit jaringan berarti lebih sedikit area bagi kankernya untuk terbentuk.” Namun, menurut American Cancer Society, walaupun implan tidak menambah risiko kanker payudara, hal itu menambah kesulitan melihat jaringan payudara saat mammografi.

Angka pasien yang selamat dari kanker payudara meningkat

Ada sekitar 2,5 juta pasien yang sembuh dari kanker payudara yang tinggal di Amerika Serikat, kata Dr. Careaga. Dan menurut National Cancer Institute, angka kesembuhan pasien kanker payudara meningkat setiap tahunnya sejak awal 90-an. Para dokter menilai data positif itu disebabkan oleh fakta bahwa lebih banyak wanita melakukan pemeriksaan payudara mandiri di rumah dan mendeteksi tumor lebih dini.

Payudara sebelah kiri ukurannya lebih besar

Sebuah studi dari Emory University menemukan bahwa sebagian besar ukuran payudara wanita berbeda-beda, dan payudara sebelah kiri biasanya ukurannya lebih besar. Para ilmuwan meneliti foto-foto payudara dari hampir 100 orang wanita (yang tidak mengalami kanker payudara atau melakukan operasi sebelumnya). Hampir 62 persen wanita yang mengikuti studi tersebut ukuran kedua payudaranya berbeda.

Payudara lebih ringan daripada melon

Payudara biasanya dihubungkan dengan “melon”, namun berat payudara lebih mirip dengan anggur, kata Dr. Careaga. Berat rata-rata buah anggur, yang terberat, adalah setengah pon (seperempat kilogram). Sementara itu, melon berbobot antara tiga hingga delapan pon (1,5 sampai empat kilogram).

Ukuran cup rata-rata terus bertambah

Bra yang tersedia zaman sekarang (contohnya: Miracle dan Victoria’s Secret) baru dibuat sekitar 100 tahun yang lalu. Sebelumnya wanita-wanita mengenakan korset, yang dipakai untuk lebih melindungi perut daripada payudara. Di Amerika Serikat, ukuran bra yang paling umum saat ini adalah 36C. Dua puluh tahun lalu ukuran bra yang paling umum di sana adalah 34B.

Ibu atau nenek Anda mungkin belum pernah memakai sport bra

Bra semacam itu disebut Jogbra dan diciptakan pada 1977 ketika dua wanita Amerika mengambil sepasang celana dalam khusus untuk olahraga, memotongnya masing-masing menjadi dua bagian dan kemudian menjahit potongan-potongan itu kembali menjadi satu.rilis Fitness Magazine.(mu/pt/redaksi)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.