Tunggu Keputusan, CJH di Sampang Capai 442 Orang

Avatar of PortalMadura.com
Tunggu Keputusan, CJH di Sampang Capai 442 Orang
Kantor Kementerian Agama Sampang (Rafi @portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Calon Jemaah Haji (CJH) di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, yang menjadi prioritas untuk berangkat ke tanah suci Mekah mencapai 442 orang.

Kasi Haji dan Umrah, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sampang, Fathorrahman menyampaikan, penyelenggaraan atau pemberangkatan CJH masih menunggu keputusan resmi dari pemerintah Arab Saudi.

“Menteri Agama RI belum menggodok aturan pada kuota CJH yang dapat berangkat ibadah haji. Karena, belum ada ketentuan kuota dari Arab Saudi,” ujarnya, Selasa (8/3/2022).

CJH yang mendapatkan porsi dan gagal berangkat sejak tahun 2020, menjadi prioritas sampai ada kebijakan penyelenggaraan atau ketentuan kuota jemaah haji dari Arab Saudi.

“Kami tetap menunggu sampai ada kebijakan dari Arab Saudi dan Kementerian Agama RI untuk penyelanggaraan ibadah haji sesuai kuota diberikan terhadap daerah,” imbuhnya.

Kegagalan pemberangkatan CJH sejak dua tahun lalu, akibat kasus pandemi virus corona (Covid-19) terus meluas dan belum berakhir.

“Calon jemaah haji, ada yang ikut suntik vaksin dan menyesuaikan dengan kondisi kesehatan mereka layak atau sebaliknya untuk disuntik vaksin,” katanya.

Walau pun belum ada keputusan resmi tentang pemberangkan haji, pihaknya menyebutkan, jika mereka yang gagal berangkat pada dua tahun lalu dan menjadi prioritas untuk pemberangkaran ibadah haji mencapai 442 CJH.

“Kami tetap menyesuaikan dengan kuota calon jemaah haji yang digodok atau diberikan Menteri Agama untuk dapat diberangkatkan,” pungkasnya.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.