Twitter Mulai Menghapus Tanda Centang Biru dari Pengguna yang Tidak Membayar

Avatar of PortalMadura.com
Twitter Mulai Menghapus Tanda Centang Biru dari Pengguna yang Tidak Membayar
Twitter Mulai Menghapus Tanda Centang Biru dari Pengguna yang Tidak Membayar

PortalMadura.com-Beberapa pengguna berstatus terverifikasi kehilangan tanda yang membantu memverifikasi identitas mereka dan membedakan mereka dari pengguna palsu di platform media sosial milik Elon Musk tersebut.

Setelah beberapa kali gagal, Twitter mulai memenuhi janjinya pada Kamis untuk menghapus tanda centang biru dari akun yang tidak membayar biaya bulanan untuk mempertahankannya.

Twitter memiliki sekitar 300.000 pengguna terverifikasi di bawah sistem centang biru asli – banyak dari mereka jurnalis, atlet, dan tokoh publik. Tanda ini mulai hilang dari profil pengguna di sekitar pertengahan hari waktu Pasifik.

Biaya untuk mempertahankan tanda centang ini berkisar dari $8 per bulan untuk pengguna web individu hingga harga awal $1.000 per bulan untuk memverifikasi sebuah organisasi, ditambah $50 per bulan untuk setiap akun afiliasi atau karyawan.

Twitter tidak memverifikasi akun individu untuk memastikan bahwa mereka adalah orang yang mereka katakan, seperti halnya dengan centang biru sebelumnya yang diberikan selama masa pemerintahan sebelum Musk.

Pengguna selebriti, dari bintang basket LeBron James hingga William Shatner dari Star Trek, menolak bergabung. Aktor Seinfeld, Jason Alexander, berjanji akan meninggalkan platform jika Musk mengambil tanda centang birunya.

Setelah membeli Twitter seharga $44 miliar pada Oktober lalu, Musk telah mencoba meningkatkan pendapatan platform yang sedang berjuang dengan mendorong lebih banyak orang untuk membayar langganan premium.

Namun, tindakannya juga mencerminkan pendapatnya bahwa tanda verifikasi biru telah menjadi simbol status yang tidak pantas atau “korup” bagi tokoh elit, wartawan berita dan orang lain yang diberikan verifikasi secara gratis oleh kepemimpinan Twitter sebelumnya.

Twitter mulai menandai profil dengan tanda centang biru sekitar 14 tahun yang lalu. Bersama dengan melindungi selebriti dari pengimpor, salah satu alasan utamanya adalah untuk menyediakan alat tambahan untuk membatasi informasi yang salah yang berasal dari akun yang mengaku-ngaku sebagai orang lain.

Salah satu gerakan produk Musk setelah mengambil alih Twitter adalah meluncurkan layanan yang memberikan tanda centang biru kepada siapa saja yang bersedia membayar $8 per bulan.

Namun, itu cepat dibanjiri oleh akun palsu, termasuk yang mengaku-ngaku sebagai Nintendo, perusahaan farmasi Eli Lilly, dan bisnis Tesla dan SpaceX milik Musk, sehingga Twitter harus menangguhkan layanan tersebut sementara beberapa hari setelah peluncurannya.

Layanan yang diluncurkan kembali ini memiliki biaya $8 per bulan untuk pengguna web dan $11 per bulan untuk pengguna aplikasi iPhone atau Android-nya. Pelanggan seharusnya melihat lebih sedikit iklan, bisa memposting video yang lebih panjang, dan memiliki cuitan mereka ditampilkan dengan lebih menonjol.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.