Uban Tumbuh di Usia Dua Puluhan? Ternyata Ini Penyebabnya

Avatar of PortalMadura.Com

PortalMadura.Com – Rambut putih atau di kepala merupakan salah satu tanda bahwa usia sudah mulai tua, bahkan ada orang yang beranggapan uban tersebut muncul sebagai tanda kedewasaan seseorang.

Umumnya uban muncul di usia tiga puluhan namun bagaimana dengan uban yang muncul di usia dua puluhan bahkan di usia remaja juga ada yang mengalami uban. Helai-helai uban yang tumbuh di usia muda dikarenakan ada yang tidak berjalan dengan normal di dalam tubuh. Ingin tahu apa penyebabnya?

Berikut ini lima alasan mengapa uban muncul di usia dua puluhan bahkan di usia remaja :

Genetik
Alasan yang pertama adalah gen yang ada dalam diri Anda. Cepatnya pertumbuhan rambut putih sudah tersimpan dalam kromosom yang diwariskan orang tua ke anak. Artinya, apabila orang tua Anda memiliki masalah rambut beruban pada saat masih muda, maka kemungkinan besar masalah itu akan di turunkan kepada anak ataupun cucunya.

Etnis dan Gender
Menurut sebuah studi pada tahun 2011 lalu yang dilakukan para dokter kulit. Ternyata etnis juga dapat mempengaruhi bagaimana dan kapan rambut Anda berubah menjadi abu-abu. Rambut orang bule cenderung berubah pada pertengahan tiga puluhan, sementara orang asia biasanya berubah di akhir tiga puluhan. Sementara Afrika-Amerika biasanya tidak akan tumbuh uban sampai berusia empat puluhan.

Nutrisi dan Masalah Kesehatan
Gizi yang buruk sangat berpontensi bagi uban untuk tumbuh lebih cepat. Kekurangan vitamin B-12, serta kurangnya protein, vitiligo, anemia, tiroid, dan masalah kelenjar pituitari adalah penyebab lain tumbuhnya uban secara prematur.

Merokok
Sebuah penelitian yang diterbitkan di National Center for Biotechnology Information pada tahun 2010, menemukan bahwa perokok dua setengah kali lebih mungkin untuk uban tumbuh lebih cepat dari pada non-perokok.

Stres
Anda bisa saja merasa sehat, namun tanpa disadari tubuh Anda bisa menerima tekanan akibat pikiran Anda yang sedang stres. Stres dapat menyebabkan terhambatnya produksi melanin yang merupakan pigmen alami pewarna rambut. Untuk mengatasi rambut uban tumbuh lebih cepat, usahakan agar mengatur keseimbangan kerja dan istirahat Anda dengan baik. (Liputan6.com/Nia)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.