oleh

Udang Balado Petai yang Nikmat dan Lezat

PortalMadura.Com – Bumbu balado merupakan salah satu bumbu khas Padang yang cocok disajikan dengan berbagai jenis bahan makanan. Udang dan petai menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat serta menggugah selera.

Perpaduan dua bahan makanan ini akan membentuk masakan yang tidak hanya enak, tetapi juga menyehatkan serta bikin nagih. Bicara mengenai masakan udang dan petai, kali ini merdeka.com punya resep udang petai bumbu balado yang enak.

Yuk, simak di bawah ini resepnya:

Bahan-Bahan:
500 gram udang ukuran sedang, buang kulit dan kepalanya
3 lembar daun jeruk
1 papan petai, kupas dan belah
Garam secukupnya
Gula pasir secukupnya
Minyak goreng secukupnya

Bumbu Halus:
8 butir bawang merah
5 siung bawang putih
5 buah cabai merah besar
5 buah cabai rawit merah
1 buah tomat ukuran sedang

Cara Membuat:
Panaskan minyak goreng secukupnya, kemudian goreng udang selama 1 menit, kemudian tiriskan dan sisihkan. Panaskan minyak goreng baru secukupnya. Goreng petai hingga layu, lalu tiriskan dan sisihkan terlebih dahulu.

Panaskan minyak goreng lagi, lalu tumis bumbu halus seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah besar, cabai rawit merah, tonat dan daun jeruk hingga harum. Bumbui tumisan dengan garam dan gula secukupnya, lalu masukkan udang dan petai.

Aduk-aduk hingga bumbu merata, lalu segera angkat dan tuang ke piring saji. Sajikan balado udang petai bersama nasi putih hangat.

Rewiter : Nurul Hijriyah
Sumber : merdeka.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar