oleh

Pentingnya Rayakan Ulang Tahun Anak

PortalMadura.Com – Ketika hari ulang tahun anak semakin dekat, beberapa orang tua sering merasa bersemangat dan mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk merayakan acara tersebut. Merayakan ulang tahun bukan sebuah keharusan, tetapi faktanya merayakan ulang tahun bisa memberikan dampak psikologi anak.

Semestinya, anak-anak perlu memiliki pengalaman masa kecil menyenangkan yang akan membantunya membentuk karakter yang tangguh untuk tumbuh kembangnya.

Dilansir dari laman Halodoc.Com, Selasa (30/6/2020) mengapa merayakan ulang tahun bisa memberikan dampak psikologi ke anak?. Berikut penjelasannya:

Pentingnya Rayakan Ulang Tahun Anak

Mengajari Anak Mengenai Esensi Pertambahan Usia

Perayaan ulang tahun adalah suatu cara mengenalkan konsep usia kepada anak. Karena anak-anak tidak selamanya berada pada usianya yang sekarang. Akan ada pertambahan usia yang menunjukkan kalau anak sudah semakin dewasa. Walaupun dirayakan, tetapi ini juga menjadi semacam peringatan kepada anak untuk mulai meninggalkan pola kanak-kanaknya.

Membangun Kedekatan Bersama Keluarga

Walaupun banyak yang bilang perasaan kasih sayang itu bisanya dirasakan dan tidak penting untuk diucapkan karena keseharian lah yang paling penting, tetapi tetap saja perayaan ulang tahun bisa menjadi salah satu cara perwujudan kasih sayang orang tua kepada anak. Apalagi merayakan ulang tahunnya bersama dengan keluarga besar. Anak bisa merasakan limpahan kasih sayang yang besar dari orang tua dan keluarga yang lain.

Mengeratkan Hubungan dengan Teman

Merayakan ulang tahun bisa menjadi salah satu upaya mengeratkan hubungan pertemanan anak dengan teman-temannya. Penting untuk anak memiliki memori menyenangkan bermain bersama teman-temannya, apalagi kalau momen menyenangkan tersebut terjadi saat merayakan ulang tahunnya.

Pengalaman Masa Kecil yang Menyenangkan

Masa kecil memberikan dampak yang cukup besar dalam perkembangan karakter anak. Setiap anak yang punya masa kecil menyenangkan dan pengalaman emosi yang positif mengenai orang tua, keluarga, dan lingkungannya, maka dia akan tumbuh menjadi orang dewasa yang lebih percaya diri, berpikiran positif, dan lebih tangguh dalam menghadapi masalah-masalah dalam tahapan kehidupannya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
sumber : Halodoc.Com
Tirto.ID
Loading...

Komentar