oleh

UKK LPM Esensi ‘Ngaji Digital’ Bareng Pemred Portal Madura

PortalMadura.Com, Sumenep – Unit Kegiatan Khusus Lembaga Pers Mahasiswa (UKK LPM) Esensi STIT Aqidah Usymuni Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar kegiatan ‘Ngaji Digital’.

Bertajuk ‘Ngaji Cerdas, Beradab dalam Menggunakan Media Sosial‘ menghadirkan Pemred PortalMadura.Com, Hartono, sebagai salah satu pemateri.

Kegiatan yang melibatkan mahasiswa baru dan aktivis pers kampus dijadwalkan berlangsung selama tiga hari, sejak Selasa-Kamis (17-19/9/2019), di lantai 2 kampus STIT Aqidah Usymuni.

Pemred PortalMadura.Com, Hartono, banyak berbagi pengalaman sejak memulai belajar menulis selama di pondok pesantren hingga terjun menjadi seorang wartawan dan melanglang buana di berbagai media massa hingga membidani lahirnya PortalMadura.Com, 1 Oktober 2013.

Menjadi penulis, kata dia, tidak sulit. “Asal ada kemauan dan berusaha belajar serta diimbangi dengan banyak membaca pasti bisa menulis,” katanya saat memberikan materi teknik penulisan berita.

Mahasiswa yang merasa sulit untuk menulis, salah satu faktornya karena lemah dalam membaca. Dengan banyak membaca akan tumbuh ide baru, konsep baru, dan pemikiran baru serta akan peka dengan kondisi lingkungan sosial.

“Dari hasil baca itu jadikan tulisan. Tulis di mana saja. Isi media sosial Anda dari hasil membaca itu. Secara tidak langsung sudah memanfaatkan media sosial kepada jalan kebaikan dan akan terbiasa menjadi penulis,” katanya.

Loading...

Bisa karena terbiasa sudah sering didengar dan diucapkan banyak orang, tapi tidak pernah melakukan, maka tidak akan pernah menghasilkan sesuatu.

“Untuk bisa menulis jangan menunggu besok. Sekarang tulis saja apa yang ada dalam pikiran Anda. Soal sistematika penulisan dan harus 5W 1 H serta yang lain-lain, urusan gampang, bisa dibaca di mana saja pakai HP,” tandas pria yang juga Wakil Ketua PWI Sumenep.

UKK LPM Esensi STIT Aqidah Usymuni Sumenep yang dinahkodai Nur Aiman menginginkan lahir mahasiswa yang memiliki kemampuan menulis.

Maka pada momentum ‘Ngaji Digital‘ tersebut disusun sejumlah materi dengan mendatangkan narasumber yang memiliki kapasitas di bidangnya.

Materi dimaksud antara lain, teknik penulisan berita, pembuatan blog, aksi digital, dan penguatan jaringan media.(*)

Baca Juga :


Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Putri Kuzaifah
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar