Umat Islam, Ini 3 Pemberi Pertolongan Kelak di Akhirat

Avatar of PortalMadura.com
Umat Islam, Ini 3 Pemberi Pertolongan Kelak di Akhirat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua pasti ingin masuk surga. Oleh karena itu, ketika masih hidup lakukan yang diperintahNya dan menjauhi laranganNya. Segala amal perbuatan selama di dunia akan diperhitungkan ketika berada di nanti.

Di akhirat kelak semua umat muslim pasti butuh pertolongan. Sehingga Anda harus tahu siapa saja yang bisa memberi pertolongan. Lantas siapa pemberi pertolongan untuk umat muslim di akhirat?

Berikut ini penjelasannya:

Allah SWT
Allah yang menciptakan umat muslim dan Allah SWT lah yang juga memberi pertolongan untuk Umat Muslim. “Jika Allah menolong kamu, maka tidak ada orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang Mukmin bertawakal. (Ali Imran 3:160)

Nabi Muhammad SAW
Nabi Muhammad SAW adalah satu-satunya Nabi yang dapat memberikan syafaat atau pertolongan untuk umatnya di akhir zaman nanti. Itu merupakan bentuk kasih sayang Allah terhadap umat Nabi Muhammad SAW.

Syafaat ini khusus diberikan kepada Nabi Muhammad SAW. ketika manusia diselimuti kesedihan dan bencana yang tidak kuat mereka tahan, mereka meminta kepada orang-orang tertentu yang diberi wewenang oleh Allah untuk memberi pertolongan. Mereka pergi kepada semua nabi. Dari nabi Adam sampai nabi Isa. Tetapi mereka semua tidak bisa memberikan syafaat hingga mereka datang kepada Nabi Muhammad SAW, lalu beliau berdiri dan memintakan syafaat kepada Allah, agar menyelamatkan hamba-hambanya dari azab yang besar ini. Allah pun memenuhi permohonan itu dan memberikan pertolongan itu kepada umatnya Nabi Muhammad SAW.

Baca Juga: Lelang Jabatan 10 OPD di Bangkalan Dilakukan Pasca Lebaran

Al Quran
Al Quran adalah kitab yang diberikan Allah untuk umat muslim sebagai pedoman dan petunjuk.

“Sesungguhnya Al-Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang lebih lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mukmin yang mengerjakan amal saleh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar.” (QS. Al Isra: 9)

Al Quran juga yang akan menolong umat muslim di akhirat nanti agar dapat masuk surganya Allah SWT.
Nabi Muhammad SAW bersabda: “Bacalah Al-Qur'an karena Al-Quran akan datang pada hari kiamat nanti sebagai pemberi syafaat bagi yang membacanya (dengan tadabbur dan mengamalkannya). Bacalah al-Zahrawain (dua cahaya) yaitu surat Al-Baqarah dan Ali ‘Imran karena keduanya datang pada hari kiamat nanti seperti dua awan atau seperti dua cahaya sinar matahari atau seperti dua ekor burung yang membentangkan sayapnya, keduanya akan menjadi pembela bagi yang rajin membaca dua surat tersebut.” (HR. Muslim: 1910).

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.