Umat Muslim, Ini 5 Makna Sabar dalam Al Quran

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ini 5 Makna Sabar dalam Al Quran
ilustrasi

PortalMadura.Com – Dalam kehidupan ini pastilah Allah selalu memberikan cobaan untuk umatnya. Allah memberikan kita cobaan atau musibah bukan berarti Allah tidak menyayangi kita, Namun karena Allah ingin kita untuk selalu dan tabah akan cobaan yang diberikan oleh-Nya.

Allah ingin kita selalu sabar dan selalu memohon serta meminta pertolongan hanya kepada-Nya. Namun, pada dasarnya tidak semua manusia bisa sabar dan selalu tabah atas cobaan yang Allah berikan kepadanya, karena manusia pada hakikatnya adalah tempatnya salah dan dosa, serta emosi dalam dirinya kerap kali sering tidak terkendali sehingga sering kita menemukan manusia ketika ia menghadapi sebuah musibah, ia menyalahkan Allah dan meninggalkan Allah serta berpaling kepada hal-hal yang berbau maksiat.

Lalu bagaimana makna sabar itu sendiri dalam Al Quran? Mari kita bahas bersama-sama.

kata sabar sebagaimana dalam Kamus Al Quran aw Ishlah al-Wujuh wa an-Nadlair fi Al Quran Al Karim mempunyai lima makna.

Pertama, sabar bermakna menahan, sebagaimana firman-Nya:

“Hai orang-orang yang beriman, jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.” (QS. Al-Baqarah : 153)

Kedua, sabar bermakna berani, sebagaimana firman-Nya :

“Mereka itulah orang-orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk dan siksa dengan ampunan. Maka alangkah beraninya mereka menentang api neraka.” (QS. Al-Baqarah : 175)

Ketiga, sabar bermakna ketabahan, sebagaimana firman-Nya:

“Sesungguhnya hampirlah ia menyesatkan kita dari sembahan-sembahan kita, seandainya kita tidak sabar(menyembah)nya” dan mereka kelak akan mengetahui di saat mereka melihat azab, siapa yang paling sesat jalannya.”(QS. Al-Furqan : 42)

Keempat, sabar bermakna ridha, sebagaimana firman-Nya :

“Dan bersabarlah dalam menunggu ketetapan Tuhanmu, maka sesungguhnya kamu berada dalam penglihatan Kami, dan bertasbihlah dengan memuji Tuhanmu ketika kamu bangun berdiri” (QS. At-Thur : 48)

Kelima, sabar bermakna sabar itu sendiri, sebagaimana firman-Nya :

“Dan ambillah dengan tanganmu seikat (rumput), maka pukullah dengan itu dan janganlah kamu melanggar sumpah. Sesungguhnya Kami dapati dia (Ayyub) seorang yang sabar. Dialah sebaik-baik hamba. Sesungguhnya dia amat taat (kepada Tuhan-nya).” (Q.S Shad: 44).

Itulah 5 makna sabar yang terkandung dalam Al Quran. Semoga kita selalu dalam lindungan Allah SWT, selalu diberikan kesabaran dalam menghadapi segala sesuatu dan musibah serta selalu memohon pertolongan hanya kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat, Amiin Allahhumma Amiiin. (islami.co/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.