Umat Muslim, Ini Alasan Mengapa Kita tidak Boleh Kencing Sembarangan

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ini Alasan Mengapa Kita tidak Boleh Kencing Sembarangan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Islam adalah agama yang selalu mengajarkan kita tentang kebersihan. Namun, kebersihan masihlah merupakan kata yang sangat jarang ditemukan realisasinya. Maksudnya disini masyarakat baik di Indonesia atau dunia, masih lah kurang memperhatikan kebersihan. Baik lingkungan, kebersihan badan, bahkan hati kita.

Masih banyak orang-orang yang tak peduli apabila sampah bertebaran dimana-mana, bahkan mereka pun juga membuang sampah sembarangan.

Adanya juga orang-orang yang sudah tidak bisa menahan kencing atau BAB ia akan membuangnya secara sembarangan sehingga akan timbul penyakit nantinya.

Dalam Islam, itu merupakan perbuatan yang dilarang. Mengapa?

Secara norma sosial, buang air kecil secara sembarangan merupakan suatu perbuatan yang tidak sopan.

Bahkan Rasulullah SAW melarang hal tersebut seperti dijelaskan dalam hadist berikut. Alkisah seorang kafir jahiliyah berkata kepada sahabat Salman Al-Farisiy, “Sungguh Nabi kalian telah mengajari kalian tentang segala hal sampai tata cara buang air.” Kemudian Salman pun menjawab, “Betul. Sungguh kami dilarang menghadap kiblat saat buang air besar atau kecil, (kami juga dilarang) cebok dengan menggunakan tangan kanan atau cebok kurang dari 3 batu, atau cebok dengan kotoran hewan, atau tulang.” (HR. Muslim).

Lalu mengapa Rasulullah SAW melarang umat Islam untuk buang air kecil secara sembarangan? Rasulullah SAW sangat menekankan kepada umatnya agar berhati-hati dalam perkara membuang air kecil. Pasalnya, air kencing kelak akan membuat seseorang mendapatkan siksa kubur. Sebagaimana Rasulullah SAW pernah bersabda, “Kebanyakan orang yang disiksa di alam kubur adalah karena air kencing. Jadi, bersihkanlah diri kalian dari air kencing.” (HR. Hakim)

Dalam hadist lain Rasulullah SAW juga pernah bersabda, “Mereka berdua disiksa. Mereka menganggap bahwa itu bukan perkara besar. Namun sesungguhnya itu perkara besar. Orang yang pertama disiksa (karena) tidak menutupi diri ketika kencing. Adapun orang yang kedua disiksa karena suka mengadu domba.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Sedangkan orang-orang yang gemar membuang air kecil secara sembarangan di pinggir jalan tidak membersihkan diri mereka dari air kencing secara benar. Pasalnya, mereka tidak menggunakan air untuk membersihkan hadas tersebut. Bahkan, air kencing tersebut berisiko mengotori celana yang apabila digunakan untuk salat maka salat tersebut akan menjadi tidak sah.

Selain menyebabkan siksa kubur, buang air kecil secara sembarangan juga tergolong sebagai perbuatan yang merugikan orang lain. Pasalnya, aroma dari air kencing yang dibuang sembarangan akan mengganggu orang lain. Di samping itu, air kencing tersebut juga berpotensi menimbulkan bibit penyakit. Oleh sebab itulah Rasulullah SAW mengatakan bahwa orang yang membuang air kecil secara sembarangan di tempat umum maupun di pinggir jalan merupakan orang yang terkena laknat.

Dari Abu Hurairah, ia berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Waspadalah dengan dua orang yang terkena laknat.” Mereka berkata, “Siapakah yang kena laknat tersebut?” Beliau menjawab, “Orang yang buang hajat di tempat orang lalu lalang atau di tempat mereka bernaung.” (HR. Muslim)

Oleh sebab itu, dalam hadist berikut disebutkan bahwa umat Islam dilarang membuang air kecil secara sembarangan pada tempat-tempat berikut. “Jangan buang air di lubang binatang, di jalan tempat orang lewat, di tempat berteduh, di sumber air, di tempat pemandian, di bawah pohon yang sedang berbuah, atau di air yang mengalir ke arah orang-orang yang sedang mandi atau mencuci.” (H.R. Muslim & Tirmidzi).

Itulah mengapa Islam melarang umatnya untuk membuang hajat atau kencing sembarangan. Selain melakukan perbuatan dosa, kita juga bisa merugikan orang-orang disekitar kita. Maka dari itu, marilah kita tidak melakukan perbuatan itu lagi. Jagalah selalu kebersihan badan ataupun hati kita agar terhindarkan dari perbuatan yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Semoga bermanfaat, Amiin Allahhumma Amiin. (islami.co/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.