Umat Muslim, Ini Cara Mendapatkan 5 Keberuntungan Menurut Islam

Avatar of PortalMadura.com
Umat Muslim, Ini Cara Mendapatkan 5 Keberuntungan Menurut Islam
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap manusia yang Allah SWT ciptakan sudah memiliki garis hidup atau takdirnya masing-masing. Ada mereka yang hidup beruntung berkat kerja kerasnya juga ibadahnya atau karena memang orang yang berada, tentunya masih banyak juga orang-orang yang tidak beruntung didunia ini baik masalah materi, jodoh, pekerjaan, atau apapun itu.

Kalau berbicara tentang keberuntungan, tentunya akan ada sangkut pautnya dengan kerja keras, usaha, ibadah, doa, juga ketawakalan yang kita punya. Megapa demikian? Karena kita tau segala sesuatu didunia ini harus kita dapatkan dengan usaha teelebih dahulu. Allah SWT tidak akan merubah suatu nasib hambanya kalau ia tidak berusaha. Maka kesimpulan yang dapat kita ambil, Allah SWT mencintai hambanya yang berusaha juga berdoa serta selalu tawakal kepada-Nya. Dari usaha juga doa itulah, Allah akan balaskan dengan rezeki, kenikmatan, sesuatu yang kita butuhkan bukan sesuatu yang kita mau, juga keberuntungan keberuntungan yang lainnya.

Lalu bagaimana caranya agar kita termasuk dalam orang-orang yang beruntung itu? Mari kita simak.

Dalam Tabaqat as-Sufiyah karangan Abu Abdurrahman al-Sulami dikutip nasehat al-Sirri al-Siqti yang berbunyi:

Lakukanlah lima hal ini karena merupakan sebaik-baiknya perbuatan:

Pertama, menangisi dosa-dosa yang telah dilakukan. Ini penting dilakukan agar tak terulang di kemudian hari. Agar kita sadar, hidup didunia ini hanya sementara dan sebaiknya melakukan ibadah saa dari pada terus bergelut dengan kemaksiatan.

Kedua, memperbaiki aib atau kekurangan dalam dirinya. Selagi manusia sadar akan kekurangannya maka tak akan mencari kesalahan orang lain. Hal ini juga penting karena jika terlebih dahulu memperbaiki diri, kita tidak akan sibuk nmengurusi kehidupan orang lain seolah-olah kita lebih suci dari orang itu.

Ketiga, taat kepada Allah dzat yang mengetahui hal yang ghaib. Ini faktor utama sebagai kunci keberuntungan seseorang karena Allah akan selalu mengawasinya dimanapun ia berada.

Keempat, membersihkan kotoran hati. Seseorang yang banyak dosannya maka hatinya akan keras sehingga sulit menerima kebenaran. Selalu menerima nasihat orang lain, selau merasa kurang akan ilmu, itu juga baik untuk dilakukan agar kita sadar, manusia tidak ada yang sempurna didunia ini.

Kelima, tak mengikuti hawa nafsu. Seseorang akan menjadi sengsara bila selalu mengikuti hawa nafsunya, karena nafsu selalu mengarahkan kepada hal-hal negatif.

Hal di atas bila dipraktekkan seseorang maka ia akan mendapatkan ketenangan dalam hidupnya, mudah segala urusannya, serta mulia langkahnya karena di dalamnya mengajarkan petuah kehidupan dengan tidak terlalu mencari kesalahan orang lain, juga akan beruntung jika ia mengerjakan sesuatu hal.

Semoga kita termasuk kedalam kategori orang-orang yang seperti itu. Semoga bermanfaat, Amiin Allahhumma Amiin.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.