oleh

Umat Muslim, Ini Kerugian Jika Anda tidak Bisa Menjaga Rahasia Orang Lain

PortalMadura.Com – Rahasia merupakan suatu hal yang sifatnya tertutup dan sangat pribadi serta termasuk suatu aib seseorang.

Seringkali saat kita mempunyai masalah, kita berbagi cerita kepada sesama teman. Namun, terkadang teman kita mempunyai mulut yang bocor. Sehingga orang lain bisa tau rahasia atau aib kita yang harusnya tidak tersebar.

Imam Mawardi dalam karyanya yang berjudul Adab ad-Dunya wa ad-Din mengutip pendapat Abu Syarwan yang menjelaskan bahwa orang yang mampu menjaga rahasia diri akan mendapatkan dua keistimewaan, yaitu:

Pertama, akan mendapatkan sesuatu yang ia harapkan, karena bila seseorang mempunyai keinginan atau kebutuhan dan ia mampu merahasiakannya maka dia akan mudah merealisasikannya tanpa dihalangi oleh orang lain.

Kedua, Dia akan selamat dari rekayasa orang lain. Banyak orang yang gagal disebabkan kesalahannya yang tak mampu menjaga rahasia diri dan keluarga.

Sedangkan menyebarkan rahasia orang lain lebih tercela, karena berdampak merugikan orang lain dan menambah permusuhan. Maka dari itu, Menjaga rahasia sebagai bukti diri mampu memegang sebuah amanat, serta tak mudah berkhianat baik kepada diri dan orang lain.

Maka dari itu, orang yang suka membocorkan rahasia orang tidak akan pernah mendapatkan keuntungan seperti pendapat Abu Syarwan.

Semoga kita selalu bisa menjadi orang yang amanat dan bisa dipercaya. Amiin. (islami.co/Anek)