oleh

Umat Muslim, Ini Pandangan Islam Tentang Kepedulian Sosial

PortalMadura.Com – Kepedulian sosial merupakan hal yang harus di terapkan oleh seluruh umat muslim. Karena memang pada dasarnya, Allah SWT selalu mengajarkan kita tentang peduli terhadap sesama, tolong menolong, juga bertoleransi. Dalam kehidupan di dunia manusia tidak lah hidup sendiri. Manusia hidup berdampingan dan saling ketergantungan satu sama lainnya. Misalnya saja soal pekerjaan.

Namun masih banyak orang yang tidak memiliki rasa kepedulian sosial diakibatkan karena memang dirinya introvet, individual, ataupun pengaruh gadget yang membuat seseorang hanya terfokus pada dunia maya saja. Lalu bagaimana sebenarnya Islam memandang tentang kepedulian sosial itu sendiri ? Mari kita bahas bersama.

Rasulullah bersabda dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah:

Artinya: “Barang siapa yang melepaskan seorang Muslim dari satu kesulitan dari kesulitan-kesulitan di dunia, niscaya Allah melepaskannya dari kesulitan-kesulitan hari Kiamat,”

Membantu melepaskan kesulitan seseorang tak selalu harus dengan gerakan besar yang dapat berefek luas, asalkan diniatkan dengan ikhlas, perbuatan itu sudah masuk kategori melepaskan kesulitan orang lain. Seperti contoh, membantu kesulitan saudara, teman, ataupun kolega yang sedang dirundung krisis keuangan juga bisa dikategorikan sebagai sikap peduli terhadap sesama.

Meminjamkan uang ataupun memberikan uang secara ikhlas kepada saudara, teman, ataupun kolega yang berada dalam kondisi keuangan yang tidak stabil, selain bentuk sikap peduli kita, hal ini juga dapat menghindarkannya dari pinjaman-pinjaman riba yang dapat merugikan ibadahnya.

Namun tentu saja, kepedulian sosial tidak berhenti dan fokus pada soal materi semata. Bantuan tenaga dan juga pemikiran selagi itu bermanfaat dan membantu keadaan sosial yang berlaku, hal ini juga bisa dikategorikan sebagai sikap kepedulian sosial. Gerakan sosial yang memberi dampak positif pada lingkungan misalnya, selain membantu menjaga hak-hak alam dalam pelestariannya, hal yang mereka lakukan juga bentuk menjaga lumbung pangan umat manusia.

Kepedulian sosial dalam Islam bersifat universal, tidak hanya berfokus pada satu golongan tertentu, apalagi ras. Menolong orang lain sebenarnya adalah bagian dari sikap menolong agama Allah. Apalagi Allah menjamin keselamatan dan pertolongan kepada umatNya yang mau berkontribusi dalam gerakan kepedulian sosial. Allah berfirman:

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong agama Allah, maka Allah akan menolongmu,”

Kepedulian sosial dalam Islam harus dimaknai seluas-luasnya, tak boleh berhenti pada satu golongan saja yang menyempitkan makna dari ajaran Islam itu sendiri. Karena memang sesungguhnya, Allah menurunkan agama Islam ke bumi sebagai rahmat semesta alam. Nah, Itulah pandangan Islam tentang kepedulian sosial yang harusnya kita aplikasikan sebaik-baiknya sebagaimana kita menjadi manusia yang memang makhluk sosial. Semoga kita menjadi bagian dari orang-orang yang ditolong Allah baik dunia maupun akhirat. Semoga bermanfaat,Wallahu a’lam.


Rewriter : Agnes Hafilda Kusuma
Sumber : bincangsyariah.com

Komentar